KamiBijak.com, Infosiana. Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan pada 2015. Sejarah penetapan hari santri nasional tidak luput dari perjuangan ulama dan kyai saat zaman mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk diketahui, penetapan Hari Santri Nasional merupakan salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Pada Hari Santri Nasional 2019 ini, rencananya akan diadakan pembacaan satu miliar Sholawat Nariyah oleh warga Nahdlatul Ulama (NU) sebagai puncak peringatan.

Bicara tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, kita harus melihat lagi peristiwa yang terjadi pada tanggal yang sama, tahun 1945 lalu. Saat itu, pada tanggal 21 dan 22 Oktober 1945, pengurus NU Jawa dan Madura menggelar pertemuan di Surabaya. Pertemuan ini dilakukan untuk menyatakan sikap setelah mendengar kabar bahwa tentara Belanda akan kembali menguasai Indonesia dengan membonceng Sekutu.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Komaruddin Amin, perjuangan tokoh-tokoh agama seperti KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlans, dan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto menciptakan organisasi Islam berperan penting dalam perjalanan sebuah bangsa. Ia juga berpendapat bahwa Hari Santri merupakan sebuah hari untuk memaknai sejarah perjuangan bangsa yang didasari oleh rasa ikhlas dan cinta tanah air.

“Mereka merupakan tokoh yang memiliki komitmen Islam dan komitmen kebangsaan yang luar biasa. Hal inilah yang harus terus kita kenang,” kata Komaruddin.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/22/083739665/22-oktober-mengingat-kembali-sejarah-penetapan-hari-santri

https://news.detik.com/berita/d-4754521/hari-santri-nasional-2019-baca-sholawat-nariyah-ini-makna-dan-keutamannya


Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton. Like, follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.