BijakFun

6 Bulan Perang, Wilayah Mana Saja di Ukraina yang Dikuasai Rusia?

Ini dia wilayah-wilayah ukraina yang sudah dikuasai Rusia setelah 6 bulan perang

8,362  views

KamiBijak.com, Hiburan – Perang Rusia dan Ukraina telah memasuki bulan keenam Rabu kemarin (24/08) dan Moskow belum mengeluarkan tanda-tanda akan menghentikan gempurannya.Selama invasi berlangsung, pasukan Rusia berhasil menguasai sejumlah wilayah di Ukraina, terutama di bagian timur dan tenggara negara eks Uni Soviet itu.

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-175: Ukraina Laporkan Serangan Siber -  Tribunnews.com Mobile

Menurut sumber Financial Times, per 18 Agustus, Rusia telah suksesl menguasai setidaknya tujuh wilayah Ukraina.Wilayah itu yakni, Luhansk dan Donetsk atau yang biasa disebut Donbas, Melitopol, Kherson, Berdyansk, dan Mariupol.

Media lain menyebut Zaporizhzhia masuk dalam daftar yang dikuasai pasukan Moskow. Kawasan tersebut berada di dekat Donbas.Wilayah ini bahkan dilaporkan akan menggelar referendum bergabung dengan Federasi Rusia pada September mendatang.

Evgeny Balitsky Kepala pemerintahan boneka Rusia di Zaporizhzhia, menyebutkan pihaknya tengah merencanakan mekanisme referendum tersebut.

"Mekanismenya sedang digodok. Referendum ini akan menentukan apa yang diinginkan penduduk kawasan Zaporizhzhia dan bagaimana mereka ingin hidup," ucap Balitsky pada Juli lalu, dikutip Reuters.

Selain Zaporizhzhia, Kherson juga disebut akan menggelar referendum.

Pemerintah Rusia di Kherson berencana mengajukan permintaan resmi ke Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk mencaplok wilayah ini dari Ukraina.

"Akan ada permintaan untuk menjadikan kawasan Kherson bagian dari Federasi Rusia," kata pejabat di Kherson seperti dikutip AFP pada Mei lalu.

Lebih lanjut, pejabat itu menerangkan Kherson akan sepenuhnya diperintah dengan undang-undang Rusia akhir 2022 ini.

Selama enam bulan di invasi, Ukraina berjuang habis-habisan untuk menghentikan gempuran Rusia. Di awal invasi, Rusia berencana menguasai langsung Ibu Kota Kyiv. Namun, Rusia tak menyangka perlawanan tentara Ukraina sengit hingga akhirnya membuat Moskow menyerah dan mengubah fokus arah invasi. (MG/Dicky)

Sumber: Cnnindonesia.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.