KabarBijak

Perkuat Partisipasi Kaum Disabilitas dalam Pemilu, PPDI, IFES, dan UMJ Siap Bergerak!

PPDI, IFES, dan UMJ mulai memperkuat disabilitas dalam hal pemilu.

4,621  views

Kamibijak.com, Infosiana – Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) mendorong kaum disabilitas untuk berpartisipasi sebagai warga negara dalam pemilu melalui program ENGAGE (Engaging a New Generation for Accesible Governance and Elections) Training.
Program tersebut merupakan kolaborasi PPDI bersama Internasional Foundation Election System (IFES) dan Universiitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang didanain oleh Department of Foreign Affairs and Trande (DFAT). 

Program ENGAGE Training ini menyasar para pemuda disabilitas sebagai calon pemimpin dan pemilih di Indonesia. Adanya program tersebut disarankan untuk menjawab permasalahan yang kerap dialami oleh pemuda disabilitas, seperti keterbatasan pengetahuan, akses dan seringkali mengalami diskriminasi dalam hal politik. 

ENGAGE Training sudah dilaksanakan sejak November 2021 hingga Agustus 2022. Pada training ini diikuti oleh 22 mahasiswa dari berbagai kampus di Jabodetabek. 

Rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan, pembekalan fasilitator, pelatihan peserta, proyek komunitas yang bekerja sama dengan KPU DKKI Jakarta dan Bawaslu, serta penutupan. 

Alfrida Hermawati, salah satu peserta dari Universitas Muhammadiyah Jakarta mengatakan bahwa program ini sangat berdampak baik untuk dirinya. 

"ENGAGE Training yang telah saya ikuti sangat memberikan dampak yang positif. Saya mendapatkan pengetahuan baru terutama tentang politik dan kepemimpinan."
Program tersbeut tentunya membutuhkan kerjasama yang baik satu sama lainnya agar bisa mencapai tujuan. Namun tentunya, dalam training ini juga terdapat hambatan yang kerap dialami oleh peserta. Salah satunya adalah jadwal training dengan jadwal kampus yang bertabrakan. 

Hal ini menjadikan pihak penyelenggara untuk bisa mengatur lagi waktu agar tidak bertabrakan. Project Manager program ENGAGE Training Fajri Hidayatullah berharap adanya program ini bisa memberikan pendidikan politik bagi pemuda disabilitas. (MG/Alissa)

Sumber : Kompas.com 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.