KamiBijak.com, Infosiana. Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas turun ke jalan dan melakukan demonstrasi untuk menolak pengesahan RUU KUHP di depan Gedung DPR/MPR/DPD pada Senin (23 September). Demonstrasi ini berlangsung ricuh akibat mahasiswa menjebol pagar DPR. Selain itu, massa mahasiswa dan polisi juga sempat saling dorong. Massa juga sempat melempar kayu dan botol ke arah polisi. Kondisi akhirnya mulai mereda saat perwakilan massa meminta mahasiswa untuk tetap tenang dan satu komando.

Seperti diketahui, pengesahan RKUHP diminta untuk ditunda oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi menyatakan bahwa ada sejumlah pasal yang harus diperbaiki bersama. Setidaknya, ada 14 pasal yang belakangan ini menuai kontroversi dan dinilai mengganggu privasi masyarakat. Jokowi juga meminta agar pengesahan RKUHP tidak dilakukan di DPR periode ini agar dapat memperdalam pasal-pasal yang masih pro dan kontra.

Menurut Ketua DPR sendiri, Bambang Soesatyo, pembahasan dapat dilakukan dalam tiga sidang paripurna DPR terakhir pada 24, 26, dan 30 September 2019. Ia optimis bahwa pembahasan bisa dituntaskan oleh DPR 2014-2019, namun tidak menutup kemungkinan bisa dibahas dalam periode berikutnya.

“Kalau tidak cukup waktu, nanti kita putuskan di ujung bahwa ini dilanjutkan dengan yang periode berikutnya. Kita upayakan agar periode berikutnya bisa selesai sambil sosialisasi,” ujar Bamsoet.

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4069168/headline-kontroversi-pasal-di-ruu-kuhp-ancaman-demokrasi-bila-disahkan

https://news.detik.com/berita/d-4718508/demo-mahasiswa-tolak-rkuhp-uu-kpk-ricuh-pagar-dpr-dijebol

https://www.liputan6.com/news/read/4069761/dpr-dan-jokowi-sepakat-mendalami-pasal-bermasalah-di-ruu-kuhp


Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton. Like, follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.