KamiBijak.com. Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan diskusi publik dengan Komunitas Cinta Film Indonesia (KCFI) yang mengangkat tema “Peluang Kerja bagi Disabilitas di Industri Perfilman” pada Sabtu, 6 Juli 2019 di Perpustakaan Kemendikbud pada pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Diskusi film ini diadakan sebagai upaya untuk membantu tumbuh kembangnya perfilman Indonesia, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa mereka yang memiliki disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk bekerja dengan kreatif. Selain itu, mereka juga bisa saling memotivasi dalam berkarya di dalam dunia perfilman.

“Kegiatan komunitas ini adalah untuk menonton dan mencintai film Indonesia, dimana dalam undang-undang perfilman, ada tertulis bahwa masyarakat berrhak berkarya, berkreatif, dan berkesenian,” ujar Budi Sumarno, founder dari Komunitas Cinta Film Indonesia.

Menurutnya, disabilitas juga termasuk bagian dari masyarakat. Dan kontribusi dari mereka akan turut membantu perkembangan perfilman Indonesia. Selain jumlah tim kreatif suatu produksi yang akan bertambah, namun dapat menambah jumlah penonton. Karena, perfilman adalah hal yang dapat dipelajari oleh semua orang, baik disabilitas maupun tidak.

KCFI juga mendatangkan beberapa tokoh perfilman Indonesia, salah satunya adalah sutradara dan juga aktor Indonesia, Slamet Rahardjo. Ia berharap bahwa disabilitas tidak menganggap bahwa mereka memiliki kekurangan, namun sebagai kelebihan. Ia juga berharap agar mereka yang bukan disabilitas dapat membantu disabilitas untuk dapat mengembangkan diri di berbagai hal, bukan hanya perfilman saja.

 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.