KamiBijak.com, Infosiana – Setiap warga negara Indonesia yang sudah mencoblos pilihannya harus menyelupkan jarinya ke dalam tinta. Hal tersebut dilakukan sebagai penanda bahwa sudah mencoblos dan mencegah terjadinya kecurangan. Tahukah kamu, bahwa ada fakta-fakta di balik tinta ungu yang digunakan dalam Pemilu 2019? Mulai dari bahannya yang di gunakan memiliki sepsifikasi khusus hingga alasan mengapa tinta di gunakan sebagai penanda untuk masyarakat yang sudah memilih.

Bahan kimia seperti senyawa Perak Nitrat tercampur dalam larutan tersebut. Gunanya agar tinta melekat agak lama pada kulit dan tidak mudah untuk dihapus oleh berbagai cairan seperti sabun, air dan cairan yang mengandung klorin.

Jika dalam sisi sejarah, tinta ungu digunakan pada pertama kali pada saat Pemilu di India pada tahun 1950. Komisi pemilihan India saat itu mengalami masalah besar, karena banyak pemilih yang menggandakan hak suaranya. Maka dari itu, pemerintah mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat tinta sebagai penanda agar kecurangan tidak kembali terjadi. Pada tahun 1962, India mulai menggunakan tinta ungu sebagai tanda untuk pemilih yang sudah melaksanakan haknya.

Selain Indonesia dan India, ada beberapa negara yang menggunakan tinta sebagai penanda usai Pemilu, seperti Malaysia, Turki, Mesir, Filipina dan Afganistan.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190416104505-199-386750/di-balik-tinta-pemilu-2019

 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat (ST).