BijakFlash

Unik & Mulia! Kedai Kopi Shanghai Memiliki Barista Netra yang Handal

Kedai Kopi Shanghai mulai memperkerjakan Barista disabilitas Netra.

150  views

Kamibijak.com, FLASH – Kedai kopi di Shanghai, China menjadi sorotan karena memperkerjakan kaum disabilitas netra sebagai baristanya. Mereka begitu piawai untuk meracik kopi yang dipesan oleh para pembeli. 

Saat ini ternyata sudah banyak coffee shop, kafe, dan restoran yang peduli terhadap nasib kaum disabilitas. Walaupun memiliki keterbatasan, ia memiliki semangat yang tinggi untuk bisa berkontribusi. 

Kedai kopi Hinichijou yang buka pada Juli 2022 ini ramai pembeli karena mengusung konsep yang unik dan mulia, karena menjadikan kaum disabilitas Netra sebagai barista. Dikutip dari South China Morning Post (12/8/2022), barista netra ini begitu handal layaknya barista pada umumnya. Mereka hanya butuh dua menit untuk bisa menyiapkan segelas Americano atau Latte.

Yin Tianyou berujar, "Kebanyakan teman saya yang buta berakhir dengan pekerjaan terapis pijat, (tapi) sekarang ada lebih banyak pilihan." 

Untuk memudahkan disabilitas netra mengoperasikan mesin kopi, ada beberapa tanda khusus untuk mereka agar mudah memasukkan es batu ke gelas, hingga proses pembuatan kopi. Ternyata, kedai kopi Hinichijou tidak hanya memperkerjakan disabilitas netra saja, tapi kedai tersebut juga mengajarkan mereka untuk menjalankan operasional kedai kopi secara keseluruhan. 

Para pelanggan pun mengaku merasakan sebuah pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi kedai tersebut. 

"Kedai kopi ini punya nilai sosial. Itulah mengapa saya mau beli minum di sini," ujar seorang pembeli.

Selain di China, Indonesia juga memiliki kedai kopi yang memperkerjakan barista disabilitas. Contohnya, adalah Sunyi House of Coffee and Hope di Tangerang yang pegawainya orang disabilitas. (MG/Alissa)

Sumber : food.detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.