BijakFlash

Barbie Disabilitas Baru, Ada Versi Tuli dan Perbedaan Pigmen!

Barbie dirancang dengan perangkat pendukung seperti alat bantu dengar dan tongkat.

314  views

KamiBijak.com, FLASH - Pembuat Barbie, Mattel telah meluncurkan jajaran boneka yang mencakup semua. Kali ini, jenis disabilitas yang muncul adalah boneka Disabilitas Rungu, Disabilitas Daksa dan perbedaan pigmen. Ketiga jenis boneka tersebut dirancang dengan perangkat pendukung seperti alat bantu dengar dan tongkat.

Executive Vice President and Global Head of Barbie and Dolls, Losa McKnight, mengatakan Barbie dengan berbagai disabilitas akan memberi komunitas, terutama anak-anak, kekuatan representasi dan referensi. Mattel sebelumnya telah memperkenalkan boneka Barbie yang menggunakan kursi roda dan kaki palsu. 

Pada tahun 2016, Mattel juga merilis serangkaian Barbie Disabilitas yang disebut “Fashionista Inclusive”. Untuk menghindari misrepresentasi orang dengan gangguan pendengaran dan perbedaan pigmen, Mattel bekerja dengan konselor dan dokter disabilitas.

Psikolog dari The University of Bristol, Milufar Ahmed, mengatakan representasi karakter dalam boneka memiliki dampak besar pada perkembangan anak. Milufar Ahmed mengacu pada karya Kenneth Clark dan Mamie Clark, dua psikolog yang mempelajari keragaman ras pada 1940-an.

Menurut mereka, boneka juga bisa menjadi sarana belajar, terutama bagi anak-anak, karena boneka sebagai referensi keanekaragaman hayati manusia. Anak-anak tidak menyaksikan fenomena dalam hidup mereka secara langsung.

"Dulu, anak berkulit hitam hanya memiliki referensi boneka berkulit putih. Dan ini adalah rujukan yang keliru," kata Kenneth Clark seperti dikutip dari The Irish Examiner.

Jadi, pada 1960-an, Mattel mulai memproduksi boneka Barbie untuk berbagai karakter. Mulai dari boneka berbaju putih, hitam, cokelat, rambut panjang, rambut pendek, rambut keriting, rambut lurus, boneka berkerudung, hingga mengangkat karakter disabilitas.(Sonia/MG)

Sumber: Tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.