BijakFun

Solikhan Dibuat Semangat Berjualan Berkat Motor Roda Tiga dari Kemensos

Penjual mie ayam asal Jateng yang merupakan disabilitas fisik mendapat bantuan dari kemensos.

91  views

Kamibijak.com, Hiburan – Pria asal Desa Kaliurip Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Solikhan, merupakan disabilitas fisik yang mendapat bantuan motor roda tiga, kini semakin bersemangat untuk bekerja. 

Solikhan (50) mengalami pengecilan kaki kanan akibat terjatuh pada saat remaja. Hal ini menjadikannya sulit untuk berjalan dan mengurasi aktivitas geraknya. 

Walaupun dalam keadaan seperti itu, ia tidak lepas tanggung jawab untuk menafkahi keluarganya. Sehari-hari ia dibantu oleh istrinya membuat kain perca dan sore hingga malam harinya ia berjualan mie ayam bersama adiknya di ruko dekat pasar. 

Sampai akhirnya, Solikhan mendapatkan bantuan motor roda tiga yang membantunya untuk bergerak sehari-hari. 

"Saya memperoleh motor ini dari Kementerian Sosial. Semoga ada kegunaannya untuk usaha. Insya Allah berdagang mie ayam. Saya tidak menyangka bisa memperoleh bantuan ini. Semoga bisa menjadikan usaha saya lebih mapan,” ujar Solikhan mengutip keterangan pers, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, puta pertama Solikhan, Lutfi juga mengungkapkan rasa bahagianya. 

"Senang (Bapak memperoleh bantuan motor roda tiga). Saya suka bantuin Bapak. Cuci piring atau beli kekurangan belanja. Harapannya Bapak bisa keliling sendiri jualan pakai motor. Semoga jualannya tambah laris. Bisa beliin jajan buat saya,” ujar Lutfi, remaja 14 tahun itu sambil tersenyum.

Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) ini disalurkan oleh Sentra Satria Baturraden.

Kepala Sentra Satria Baturraden, Darmanto menyampaikan bahwa tahun ini penyaluran bantuan ATENSI motor roda 3 untuk Kabupaten Banjarnegara akan didistribusikan kembali. 

Tidak hanya Solikhan di Banjarnegara, kelompok rentan di Pekanbaru Riau juga mendapat bantuan. Sentra Abiseka Pekanbaru Riau melaksanakan penyaluran bantuan ATENSI senilai Rp 4,5 miliar kepada Penerima Manfaat (PM) di wilayah kerjanya. 

"Kami melaksanakan arahan ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera menuntaskan penyaluran bantuan ATENSI di wilayah kerja Sentra Abiseka," ujar Agus Hasyim, selaku Kepala Sentra Abiseka di Pekanbaru.

Berdasarkan data dari Sentra Abiseka, Penerima Manfaat ATENSI wilayah kerja Sentra Abiseka tersebar di 13 kabupaten. Bantuan yang disalurkan juga berupa dukungan hidup layak untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya nutrisi disabilitas. 

Bantuan aksesibilitas bagi disabilitas dan lansia berupa kaki palsu, tangan palsu, kursi roda standar, kursi roda anak, kursi roda 3in1, kursi roda 4in1, kursi roda CP. Walker, kruk, tongkat netra, tongkat kaki 1, tongkat kaki 3, tongkat kaki 4, matras decubitus, hearing aid, kacamata, stroller, dan tongkat adaptif. (MG/Alissa)

Sumber : liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.