BijakFun

Simak 5 Tips Ini Agar Perjalanan Disabilitas Nyaman!

Sebelum bepergian, para disabilitas perlu memperhatikan lima hal di bawah ini agar perjalanan menjadi nyaman dan aman.

2,029  views

Kamibijak.com, Hiburan – Terkadang kita khawatir memikirkan persiapan sebelum berangkat berwisata. Terutama bagi para disabilitas yang ingin bepergian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau dipersiapkan saat melakukan perjalanan, loh.

Dikutip dari liputan6.com, berikut tips bepergian bagi para disabilitas menurut Disability Horizons:

  1. Asuransi perjalanan

Bagi kamu yang ingin travelling, perlu menyiapkan asuransi perjalanan. Selain itu, kamu perlu memperhatikan kebijakan yang sudah mencakup kondisi media yang dimiliki.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli mengenai rencana perjalanan. Hal ini dilakukan agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan perjalanan menjadi aman.

  1. Perencanaan matang

Sebelum berangkat bepergian, kamu harus memiliki rencana yang matang. Cari tahu mengenai informasi yang dibutuhkan supaya kamu bisa menerima perawatan yang sesuai.

Saat bepergian kamu harus menyiapkan obat apa saja yang dikonsumsi, kontak keluarga, detail asuransi, dan apa saja yang sekiranya dibutuhkan dalam perjalanan.

  1. Memastikan akses untuk disabilitas

Ketika mengunjungi tempat tertentu atau ingin menginap di hotel, kamu perlu mencari tahu apakah tempat tersebut memiliki akses terhadap disabilitas.

Selain itu, saat bepergian juga kamu bisa memastikan adanya tur yang ramah atau tempat wisata yang memiliki akses disabilitas. 

  1. Komunikasikan kondisi diri Anda

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah menyampaikan informasi mengenai kondisi diri. Misalnya saat menaiki pesawat, kamu perlu mengomunikasikan kepada staf di pesawat.

Selain itu, bisa menyampaikan informasi dengan sopan dan terbuka kepada staf hotel, sopir taksi, atau agen perjalanan.

  1. Pastikan untuk bertanya

Apabila kamu memiliki pertanyaan saat berkunjung di suatu objek wisata, kamu bisa berbicara terlebih dahulu pada staf sebelum ke tempat tersebut.

Hal ini dilakukan agar mereka bisa membantu dan mempersiapkan hal yang mungkin para disabilitas butuhkan. (MG/Galuh)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.