KabarBijak

SEA Games 2023 di Kamboja: Fakta-Fakta Mengejutkan yang Mengiringi Penyelenggaraan

Berikut adalah fakta-fakta penyelenggaraan SEA Games!

1,259  views

Kamibijak.com, Infosiana – Penyelenggaraan SEA Games 2023 di Kamboja telah dimulai sejak Jumat (5/5/2023) lalu. Namun, beberapa momen aneh turut menyertai perjuangan kontingen Indonesia dalam ajang multievent terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Berikut adalah fakta-fakta 'miris' yang terjadi selama penyelenggaraannya:

  • Penerangan Podium Menggunakan Lampu Mobil

Pada saat penyerahan medali nomor jalan cepat 20 km putra, momen pengalungan medali dilakukan dalam kondisi gelap. Panitia penyelenggara terpaksa menggunakan lampu mobil untuk menerangi podium. Kejadian ini menjadi viral di media sosial dan menunjukkan kurangnya persiapan Kamboja dalam menyelenggarakan SEA Games.

  • Kursi Plastik di Ruang Ganti dan Lomba Lari

Tidak adanya kursi khusus untuk meletakkan pakaian atlet menjadi momen yang menarik perhatian. Sebaliknya, kursi plastik yang biasa digunakan dalam acara kondangan digunakan untuk tujuan tersebut.

Hal serupa juga terjadi saat lomba marathon, di mana atlet harus menunggu panitia untuk menyalakan lampu LED. Warganet menilai bahwa penyelenggara SEA Games belum siap menggelar ajang tersebut.

  • Kamar Atlet Bocor Akibat Hujan Deras

Kamar atlet tim bulutangkis Indonesia di perkampungan atlet mengalami kebocoran akibat hujan deras.

Meskipun laporan telah disampaikan kepada Cluster Manager untuk perbaikan segera, kejadian ini menunjukkan kurangnya persiapan dalam menangani masalah kebocoran.

  • Venue Tanpa AC dan Ruang Ganti

Timnas basket 3x3 putri menghadapi fasilitas minim dalam SEA Games 2023. Ruang ganti dan ruang tunggu di venue pertandingan tidak disediakan oleh pihak penyelenggara. Timnas harus menyewa mobil sebagai alternatif ruang ganti dan memberikan kenyamanan bagi para pemain.

  • Bendera Indonesia Terbalik

Pada pre-show pembukaan SEA Games, bendera Merah Putih Indonesia ditampilkan dalam kondisi terbalik. Kejadian ini menjadi perhatian dan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Tuan rumah telah menindaklanjuti permohonan maaf dan memastikan kejadian serupa tidak terulang dalam pembukaan resmi.

  • Pengibaran Bendera oleh Manusia

Pengibaran bendera saat penyerahan medali di SEA Games 2023 dilakukan dengan cara yang berbeda. Tiang bendera digenggam oleh petugas berpakaian militer lengkap. Namun, terjadi insiden saat pengalungan medali di mana tali yang berfungsi sebelah mengganggu kelancaran pengibaran bendera. (MG/Disha)

Sumber: sport.detik.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.