Resep Homemade dari Sikaya Manfaat : Miso Soup

Resep kuliner kali ini masih dari Jepang, dapat membuat hangat tubuh dan kaya akan manfaat.

209   views

KamiBijak.com, Jalan-Jalan Kuliner – Berhubung suasana masih tentang Paralimpiade Tokyo 2020, bagaimana kalau resep makanan kali ini dari Jepang lagi, Kebetulan juga, sebentar lagi kita akan memasuki musim dingin. Cocok sekali jika resep makanan kali ini yang dapat menghangatkan tubuh.

Miso soup jawabannya. Miso soup sendiri adalah makanan keseharian orang Jepang dan diminum langsung dari mangkoknya. Berbeda memang dari kebanyakan orang kita yang biasa menggunakan sendok terlebih dahulu.

Miso soup juga punya beragam manfaat, dilansir dari idntimes.com, miso soup bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan probiotik di dalamnya dapat membantu memperkuat flora pada usus, dan bahan fermentasi kedelai dapat membantu mengatasi masalah sembelit kita. 

Miso soup juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan terdapat kandungan vitamin F (asam linoleat) yang baik untuk kesehatan kulit yang membuat kita lebih awet muda. Meskipun kandungan garamnya tinggi, miso tidak meningkatkan resiko kanker karena kaya antioksidan yang dapat membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, setelah mengetahui manfaat yang kaya dari miso soup, kini saatnya untuk membuatnya. Ini adalah bahan untuk 4 porsi miso soup :
Bumbu miso putih (4 sdm)
Katsuobushi (2 sdm)
Tofu (1 kotak, dipotong kecil)
Wakame kering (2 sdt)
Daun bawang cincang (1 sdm)
Cara membuat :
1.    Tuang air secukupnya pada wadah wakame kering
2.    Rebus air di panci hingga mendidih, masukkan katsuobushi setengah, wakame dan tofu. Masak hingga mendidih lagi.
3.    Matikan api. Tuang miso perlahan, sambil diaduk pelan. Tuangkan sisa katsuobushi dan daun bawang. Masak lagi.
4.    Sebelum benar-benar mendidih, matikan api.
5.    Miso soup siap disantap.
Sebagai tambahan informasi, katsuobushi adalah serutan ikan cakalang, biasanya untuk taburan pada takoyaki dan makanan Jepang lainnya. Jika tidak punya dashi (bumbu kaldu ikan), kita dapat menggunakan katsuobushi sebagai penggantinya agar rasa sup lebih gurih. (Joang/MG)

Sumber : Tim KamiBijak & YouTube Dapur Ko-Ci Kelas Masakan Jepang Rumahan di mana dipraktekkan oleh pasangan suami Jepang dengan istri Indonesia.

#JalanJalanKuliner
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=====================================================================
Tag: miso soup,miso soup recipe,resep miso soup,paralimpiade tokyo,paralimpiade tokyo 2020,
miso soup halal,miso soup ramen,miso soup recipe japanese,miso soup with tofu,dapur ko-ci,kamibijak,kamibijak.com,media ramah disabilitas