KabarBijak

Pertama di Indonesia, Klaten Dirikan Unit Layanan Disabilitas Penanganan Bencana

Klaten mendirikan Unit Layanan Disabilitas Penanganan Bencana yang pertama di Indonesia.

156  views

KamiBijak.com, Infosiana - Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Klaten memiliki Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana (ULD-PB), yang merupakan ULD pertama di Indonesia. Dinilai inklusif karena melibatkan peran aktif para disabilitas yang mengelola langsung unit tersebut.

"ULD-PB berdiri pada tanggal 13 Oktober 2017, itu rujukan setelah terbitnya Perka BNPB nomor 14 tahun 2014. Kami melakukan pendekatan, koordinasi dengan BPBD agar kami teman-teman disabilitas di Klaten bisa berpartisipasi dalam hal kebencanaan," kata Edi Subagyo, Ketua ULD-PB.

Dalam Peraturan Kepala (Perka) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) No. 14 Tahun 2014 tentang Penanganan, Perlindungan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa dalam melakukan penanganan dan perlindungan penyandang disabilitas, maka BNPB dan BPBD membentuk ULD.

Latar belakang berdirinya ULD-PB itu waktu tahun 2010 terjadi bencana erupsi Merapi, ada korban disabilitas yang selamat tapi kursi roda gagal terselamatkan. 

"Itu kejadian yang sangat memprihatinkan bagi kami, karena alat bantu kursi roda, kruk, ini merupakan pengganti bagian tubuh, jadi tidak bisa dipisahkan. Sehingga kami punya gagasan bagaimana agar hal seperti itu tidak terjadi lagi di kemudian hari," jelasnya.

Maka, terbersit ide mendirikan ULD pada 2017 sampai sekarang telah bekerja sama dengan 16 SLB di Klaten, Damkar, dan TNI dalam melakukan simulasi kebencanaan. Baru-baru ini melakukan pendampingan di Nusa Tenggara Timur.

Edi berterima kasih kepada Pemkab Klaten melalui BPBD Klaten yang telah mendukung berdirinya ULD-PB Kabupaten Klaten yang dikelola para penyandang disabilitas hingga kini.

"Perlu diketahui juga bahwa Kabupaten Klaten ini termasuk yang pertama di Indonesia. Jadi mohon maaf kami melangkah lebih daripada provinsi, karena pertama di Indonesia," ujarnya. (Restu) 

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.