BijakFlash

Mengenali 7 Tipe Disabilitas Fisik

Mengenali tujuh tipe Disabilitas fisik, yuk simak!

1,433  views

KamiBijak.com, Flash -  Disabilitas, selama yang kita ketahui, ada beraneka ragam. Salah satunya, disabilitas fisik, yang nampak atau dapat terlihat di mata pun ada ragam jenisnya masing-masing. Berikut tujuh tipe disabilitas fisik : 

  1. Amputasi

Disabilitas fisik dapat terjadi akibat amputasi. Ini adalah operasi pengangkatan semua atau sebagian anggota tubuh. Bagian atau anggota tubuh yang biasanya diamputasi adalah lengan, kaki, tangan, jari kaki, atau jari tangan.

 

     2. Lumpuh Layu atau Kaku

Contohnya pengidap polio. Kelumpuhan otot akibat infeksi virus polio umumnya terjadi pada ekstremitas bawah yakni kaki dan tungkai bawah. Kelumpuhan ini dapat bersifat sementara tapi dapat pula permanen tergantung tingkat keparahannya. Bahkan, dampak ini bisa dirasakan 10 hingga 20 tahun kemudian pasca infeksi.

 

    3. Cerebral Palsy (CP)

Adalah gangguan postur dan kontrol gerakan yang bersifat non progresif, yang disebabkan oleh kerusakan atau kelumpuhan sistem saraf pusat.

 

    4. Akibat Stroke

Stroke biasanya dipicu tekanan darah tinggi yang tak terkontrol. Pasien stroke dapat kehilangan kemampuan gerak setengah atau seluruh badan.

 

    5. Akibat Kusta

Kusta adalah penyakit infeksi yang menyerang kulit hingga ke sarafnya. Jika tidak ditangani, kusta dapat membuat jari-jari kaku dan tak bisa digerakkan.

    6. Orang Kecil (Dwarfisme)

Adalah kelainan yang menyebabkan tinggi penyandangnya berada di bawah rata-rata.

 

    7. Paraplegi

Kondisi di mana mengalami penurunan motorik atau fungsi sensorik dari gerak tubuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh cedera sumsum tulang belakang atau bawaan kondisi yang memengaruhi elemen saraf kanal tulang belakang. (Restu)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini: 
 

 

Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.