BijakFun

Mengenal Rumah BISAbilitas di Denpasar Bali

Sebagai wujud untuk menciptakan kota inklusif, Pemerintah Kota Denpasar membangun ruang penyandang disabilitas untuk keembangkan kreativitas mereka.

297   views

Kamibijak, Hiburan - Masyarakat penyandang disabilitas di Kota Denpasar, Bali patut berbangga hati. Bagaimana tidak, di kota berjuluk Parijs van Bali ini kini sudah ada Rumah BISAbilitas yang dibangun pemerintah daerah setempat.

Pemerintah Kota Denpasar telah menggelar soft launching rumah BISAbilitas pada Jumat, 20 Desember 2019 lalu. Tempat tersebut ditujukan sebagai wadah bagi penyandang disabilitas agar dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya.

"Karena kreatifitas bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan adanya rumah Bisabilitas ini kami harap dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan bakat yang dimiliki penyandang disabilitas," ujar Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra dikutip dari balipuspanwes.com.

Rumah BISAbilitas merupakan rumah kreativitas, menurut Rai Mantra, di tempat ini penyandang disabilitas mampu mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki seperti di bidang kuliner, bernyanyi, bermain musik, hingga desainer.

Selain itu, Rumah BISAbilitas yang berlokasi di Jalan Kamboja, Denpasar, juga menyediakan fasilitas perpustakaan mini, lapak berjualan kuliner, barbershop, live music serta dapat dijadikan tempat pengembangan kreativitas disabilitas seperti pelatihan melukis, desainer, hingga pelatihan Bahasa Isyarat bagi peyandang disabilitas Tuli atau masyarakat umum.

"Disabilitas jangan dipandang sebelah mata. Meski punya keterbatasan, namun para disabilitas mampu berkreativitas seperti layaknya orang normal," ujar Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, I.A Selly Dharmawawijaya Mantra dikutip dari kumparan.com, Sabtu(21/12/19).

Keberadaan Rumah BISAbilitas di Denpasar tentunya jadi sinyal positif dari meningkatnya kepedulian terhadap disabilitas. Semoga kedepannya pemerintah daerah di seluruh Indonesia juga membangun ruang kreativitas serupa agar penyandang disabilitas mampu mengembangkan potensi dan kreativitasnya, dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang inklusif atau ramah disabilitas.

Sumber: https://www.balipuspanews.com/rai-mantra-ciptakan-disabilitas-yang-bisabilitas.html
----
[#BijakFun]
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): rumah disabilitas,rumah bisabilitas,rumah bisabilitas bali,ruang kreatif disabilitas,bisabilitas,bisabilitas bali,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia