BijakFun

Mengenal I'M STAR, Rumah Belajar & Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mental

Rumah Kerja bernama I’M STAR berlokasi di Bintaro pelatihan kepada penyandang disabilitas mental untuk melatih kemampuan belajar untuk hidup mandiri.

798   views

Kamibijak.com, Hiburan - I'M STAR. Sebuah tempat yang terdapat di Kawasan Ruko Sentra Menteng Blok MN 30, Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan ini bukan tempat biasa. I'M STAR adalah rumah belajar dan kerja yang dibangun sebagai tempat edukasi serta pelatihan kepada penyandang disabilitas mental. 

I'M STAR didirikan oleh tiga orang ibu rumah tangga bernama Indah, Dewi Semarabhawa, dan Unun. Ketiganya memiliki anak berkebutuhan khusus. 

Pendirian I'M STAR tak terlepas dari pengalaman tiga perempuan hebat itu. Indah, Desi dan Unun pernah diundang ke Hongkong dan mengunjungi rumah kerja untuk difabel. 

Mereka melihat bagaimana pengelola rumah kerja khusus difabel di Hongkong menyediakan wadah edukasi. Tercetus lah ide untuk membuat rumah kerja juga rumah belajar serupa. 

I'M STAR didirikan pada 2016 dan menempati ruko di Kawasan Ruko Sentra Menteng Blok MN 30, Bintaro. Penamaannya sendiri diambil dari nama band anak-anak pendiri I'M STAR. 

Di tempat tersebut, penyandang disabilitas mental diajarkan berbagai keterampilan. Hal-hal produktif yang dapat menjadi bekal para siswanya ketika kembali ke lingkungan masyarakat. 

Beberapa keterampilan yang diajarkan diantaranya mengemas makanan ringan, melakukan pencatatan, melukis, mengoperasikan komputer, Bahasa Inggris, hingga pelatihan berjualan makanan yang mereka kemas di toko I’M STAR.

Rumah belajar ini sudah bekerjasama dengan pengrajin tuli dari Precious One untuk membuat produk tas lukis. Tas dilukis oleh murid I’M STAR dan dijahit oleh pengrajin dari Precious One. Setiap tas dijual dibanderol Rp 275 ribu, kualitasnya pun memang bagus.

Indah berharap dengan didirikannya rumah kerja ini bisa membuat murid-murid difabel menjadi lebih mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab. Diharapkan, rumah kerja ini menjadi solusi bagi anak berkebutuhan khusus yang telah lulus sekolah untuk bisa beraktivitas dan bersosialisasi.

Selain sebagai tempat kerja dan belajar, I’M STAR juga menjadi tempat penitipan anak. Tidak seperti penitipan anak kebanyakan, tapi menjadi solusi untuk menitip sekaligus mendidik anak di saat orang tua pergi bekerja.

Biaya untuk masuk sekolah ini adalah sebesar Rp 3 juta per bulan dengan waktu pembelajaran disesuaikan dengan jam kerja umum, setiap hari Senin sampai Jumat dimulai dari pukul 8.30 sampai pukul 15.30.

Pihak I’M STAR tidak mematok batas waktu. Anak-anak bisa terus belajar di tempat ini sampai bertahun-tahun sesuai keinginan orang tua. Saat ini I'M STAR memiliki 15 murid penyandang autisme dan slow learner yang tamat sekolah. 

Sumber:

https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4168574/im-star-rumah-kerja-bagi-penyandang-disabilitas-mental
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Imnstagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

Link Gambar:
Gambar 1-3:
https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4168574/im-star-rumah-kerja-bagi-penyandang-disabilitas-mental
Sumber: Liputan6.com
Link Video:
https://www.youtube.com/watch?v=ZJq2R5nbYYU
Pake 0.35-0.45

===========

Tag: i'm star,rumah belajar dan kerja,rumah belajar dan kerja i'm star,i'm star bintaro,penyandang disabilitas mental,disabilitas,disabilitas mental,pelatihan disabilitas,rumah kerja disabilitas,rumah belajar disabilitas,kamibijak,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia