BijakFlash

Kisah Unreasonable Love Disabilitas Netra dan Tuli Karya Ko Young-Hoon

Kisah cinta kompleks disabilitas digambarkan dalam manhwa Can't See You, Can't Hear You, But Love You

1,501  views

Kamibijak.com,FLASH – Manhwa atau komik Korea Selatan mulai marak masuk ke Indonesia, ditandai kemunculan Webtoon, KakaoPage, dan KakaoWebtoon. Genre cerita juga bervariasi mulai dari komedi, drama, romance, slice of life, hingga tragedi.

Manhwa Can’t See You, Can’t Hear You, But Love You karya Ko Young-Hoon, memberikan alur cerita yang unik dan tidak biasa. Pernahkah kalian membayangkan dua insan bersatu karena unreasonable love?

Mencintai tanpa alasan menggambarkan jalan cerita manhwa ini. Kalau kalian pernah melihat drama “Extraordinary Attorney Woo”, tidak akan asing dengan tema disabilitas. Namun, manhwa karya Ko Young-Hoon memfokuskan pada dua karakter utama disabilitas Netra dan Tuli.

Min Geun Soo merupakan manhwa artist yang menjadi disabilitas Netra akibat radiasi cahaya. Pekerjaan yang menuntutnya untuk mengerjakan proyek dengan tenggat waktu yang ketat, ditambah istirahat yang kurang menjadi penyebab hal ini.

Pada awal usia 20-an, ia mulai kehilangan penglihatan dan masa depan sebagai manhwa artist. Padahal, menggambar merupakan penghasilan utama untuk menghidupi ibunya yang disabilitas intelektual.

Dengan kondisi dirinya, ia mulai kesulitan untuk menjalani keseharian bahkan membantu ibunya yang kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menggunakan toilet. Hal ini terlihat dari Ibu Geun Soo yang membuang urine sembarangan di lantai rumah.

Di satu sisi, pemeran utama perempuan, Jeon So Ri merupakan Tuli sejak lahir. Ia kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang. 

Meskipun tidak bisa mendengar dan berbicara, tokoh So Ri digambarkan sebagai sosok yang positif dan sering tertawa.

Keduanya bertemu dan menjadi pasangan, Geun Soo sendiri mengungkapkan kebahagiaan setelah bertemu dengannya. 

Ada yang menarik dari So Ri dalam bahasa Korea Selatan bisa berarti “suara”. Hal ini diungkapkan dalam satu panel, Geun Soo mengungkapkan ia senang bisa mendengar suara So Ri meskipun tidak bisa melihat sekitarnya.

Apabila kalian penasaran, bagaimana cara mereka untuk berkomunikasi, Geun Soo sering membawa laptop ke luar rumah untuk mengetik kata-kata yang ingin diucapkan. Selain itu, mereka sering berkomunikasi menggunakan lengan dan telapak tangan satu sama lain.

Keduanya menginginkan satu sama lain. So Ri ingin mendengar suara Geun Soo. Begitu pun sebaliknya, Geun Soo ingin melihat wajah So Ri. 

Manhwa ini bisa kalian temukan dalam bentuk cetak terbitan Qanita (Mizan) dan digital Daum Webtoon atau KakaPage. Untuk versi Inggris bisa ditemukan di Toomics dan Lalatoon. (MG/Galuh)

Sumber: review KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.