KabarBijak

Kisah Teman Disabilitas Terjebak Saat Badai Siklon Tropis Seroja

Kisah dan pengalaman teman-teman Disabilitas yang terjebak saat ada bencana alam badai siklon tropis seroja di Nusa Tenggara Timur.

250   views

Kamibijak.com, Infosiana – Bencana alam badai siklon tropis seroja yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4), bencana tersebut mengakibatkan puluhan orang meninggal, hilang, terluka, kebanjiran, dan rumah-rumah penduduk rusak. 

Berti Dima Soli Malingara, sebagai Koordinator Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi atau Garamin NTT menyampaikan kondisi Difabel yang terdampak badai siklon tropis seroja. Ada teman Disabilitas di wilayah NTT terjebak di rumah tanpa atap, listrik padam, dan keadaan semakin buruk.

Ada sebanyak dua teman Tuli, satu Difabel netra, dan tiga Difabel daksa yang melapor.

"Mereka semuanya berada di Kota Kupang," kata Berti.

Organisasi teman-teman Disabilitas belum sempat untuk mengevakuasi teman-teman Difabel ke tempat yang lebih aman.

Mereka terjenbak karena ada halangan mobilitas dan jalur evakuasi yang tidak terakses.

Yani Nunuhitu yang menggunakan dua kruk untuk berjalan terpaksa berdiam di rumah dengan kondisi atap terlepas dan banjir yang masuk rumah. Yomiani Raja, penyandang disabilitas fisik amputasi satu kaki, juga tinggal di rumah tanpa atap dalam keadaan gelap gulita karena badai siklon tropis seroja mengacaukan jaringan listrik wilayah tempat tinggalnya. 

Situasi dan kondisi semakin parah, dan lagi teman Disabilitas memiliki seorang anak, seperti yang dialami Gloria Tilukai, teman Disabilitas pendengaran yang memiliki seorang anak berusia balita.

"Gloria saat badai terjadi langsung mengungsi ke rumah neneknya," ujar Berti mengutip laporan Gloria.

Bangunan Panti Sosial Bina Netra Hitbia di Kupang, NTT juga mengalami kerusakan akibat badai siklon tropis, mulai dari jendela kaca dan juga atap gedung yang terlepas dari bangunannya.

"Malam itu, penghuni panti diungsikan ke aula," kata Sekretaris Persatuan Tunanetra Indonesia atau Pertuni Kota Kupang, Made Astika Dana.

Akan tetapi lama kelamaan air naik hingga aula di lantai satu, dan para penghuni panti masuk ke ruangan kelas dan gedung perkantoran.

Organinasi penyandang Disabilitas Garamin serta Pergerakan Difabel untuk Inklusi dan Kesetaraan masih mendata dan membuka posko bantuan bagi teman-teman Disabilitas yang terkena dampak badai siklon tropsis ini. (FEB/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1449836/kisah-difabel-terjebak-dalam-kondisi-darurat-saat-badai-siklon-tropis-seroja-ntt/full&view=ok
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): disabilitas,teman disabilitas,siklon tropis seroja,siklon tropis ntt,banjir ntt,siklon tropis di ntt,media ramah disabilitas,difabel,penyandang disabilitas,kamibijak,kami bijak