BijakFun

Kisah Cheta, Jurnalis Tunanetra Lolos Beasiswa S2 ke Australia

Kondisi tunanetra tak menghalangi Cheta untuk terus mengejar ilmu

2,878  views

Kamibijak.com, Hiburan – Cheta Nilawaty yang berusia 40 tahun ini tetap semangat mengejar ilmu hingga ke negeri seberang hingga lolos beasiswa S2 dari Australia Awards Scholarships.

Dengan usia yang tidak muda untuk mahasiswa pada umumnya, ia masih gigih untuk belajar ditambah dengan keterbatasannya sebagai seorang penyandang tunanetra.

 Keterbatasannya tak menghalanginya untuk mengejar ilmu sampai ke negeri seberang, menurutnya Ilmu yang bermanfaat tidak akan putus meskipun nyawa telah meninggalkan jasad.

Cheta Nilawaty: Banyak Jalan Perangi Stigma | Solider News

 Cheta memang berniat melanjutkan studi sejak dulu sehingga ia selalu mengincar beasiswa saat masih bisa melihat. Sebelum S2 di Australia ia pernah mendapat beasiswa program pemerintah di Korea namun tidak diambil karena ibunya sedang sakit.

 Cheta menyandang tunanetra saat berusia 34 tahun saat retina matanya sobek, dan mengharuskan ia operasi, kondisi umum ini biasanya sembuh setelah operasi namun takdir berkata lain bagi Cheta.

 Namun ia mengaku bersyukur dengan kondisinya saat ini, ada hikmah yang ia petik salah satunya memiliki banyak waktu luang ketika menjadi seorang Jurnalis, karena beban pekerjaannya menjadi lebih berkurang.

 Ia pun belajar bahasa inggris hingga mengikuti seleksi beasiswa ASS. Singkat cerita ia menyaingi ribuan peserta dan berhasil diterima di Murdoch University program Master of Communication.

Cerita Cheta, Jurnalis Tunanetra yang Lolos Beasiswa S2 ke Australia

 Beasiswa yang ia peroleh sanggup menanggung biaya hidupnya dan teman SMP yang menjadi pendampingnya.

 Menurut salah satu temannya, Erwin, “Cheta adalah orang yang kuat dan tabah, sederet musibah yang menimpanya dia tetap tegar, ibarat sudah kebal dengan musibah”.(MG/Luther)

 Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel     
 
Follow kami juga di sini: 
 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.