KabarBijak

Keren, 4 Mahasiswa Ini Menciptakan Bacara, Aplikasi Komunikasi Teman Tuli

Bacara hadir sebagai aplikasi komunikasi untuk memudahkan masyarakat memahami dan berbicara menggunakan bahasa isyarat.

1177   views

KamiBijak.com, Infosiana – Tim mahasiswa yang terdiri dari empat kampus perguruan tinggi menciptakan aplikasi Bantu Bicara (Bacara) yang akan dipergunakan sebagai jembatan komunikasi teman Tuli.

 

Melalui aplikasi Bacara ini dapat berguna untuk pembelajaran bahasa isyarat dan translasi bahasa isyarat Indonesia menjadi teks dan audio secara langsung. Melalui Dosen Pengembangan Bisnis Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) yang juga Pembimbing Bacara Maclaurin Hutagalung mengatakan aplikasi Bacara ini merupakan hasil kerja sama tim mahasiswanya bersama 4 mahasiswa kampus lainnya.

 

Mereka adalah Timotius Haniel dan Thomas Ken Ronaldi dari ITHB, Gita Ayu Salsabila dan Tobias Ivandito Margogo Silalahi dari Universitas Indonesia, Muhammad Rizky Perdana dari Universitas Esa Unggul dan Michelle Octavia Yolanda Sari dari Telkom University.

 

Maclaurin juga menjelaskan, terciptanya aplikasi Bacara ini karena masih adanya beberapa kendala komunikasi antara teman Tuli dengan masyarakat umum. Kendala yang sering dihadapi ialah ketika lawan bicara tidak bisa memahami arti dari bahasa isyarat tersebut.

 

"Di sisi lain data menunjukkan di Indonesia minim juru bahasa isyarat. Data yang kami kumpulkan di Indonesia baru 34 orang juru bahasa isyarat," katanya pada diskusi Kedaireka dan Program Kompetisi Kampus Merdeka Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, Senin (18/10/2021).

 

Oleh karena itu, Bacara hadir sebagai aplikasi yang bisa menyelesaikan masalah komunikasi antara teman Tuli kepada masyarakat. Dengan menggunakan program machine learning, artificial intelligence dan cloud computing maka Bacara akan menghasilkan text translasi dan juga suara sebagai output/hasil translasi bahasa isyarat.

 

Para tim menargetkan sekitar November dan Desember aplikasi untuk melihat hasil uji coba dan tanggapan langsung dari masyarakat. Sehingga jika mendapat masukan akan dijadikan bahan evaluasi untuk tim. (GLOR/MG)

 

Sumber : https://edukasi.sindonews.com/read/572496/211/aplikasi-bacara-inovasi-mahasiswa-untuk-bantu-komunikasi-teman-tuli-dan-teman-bisu-1634559051   

#KabarBijak

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:    

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.