Jajanan Tradisional Kembang Tahu yang Menghangatkan Badan

Perpaduan kembang tahu dengan kuah jahe yang hangat dan sehat.

115  views

KamiBijak.com, Jalan-Jalan Kuliner – Jajanan tradisional kembang tahu mungkin mulai jarang didengar oleh anak muda saat ini. Padahal selain baik untuk kesehatan, kembang tahu juga terkenal lezat.

Jajanan yang satu ini diketahui merupakan salah satu makanan akulturasi di Indonesia yang diperkirakan telah dibawa oleh penduduk China sejak abad ke-19 dan mengalami adaptasi terhadap budaya Indonesia.

Kembang tahu memiliki beberapa panggilan yang berbeda di setiap daerah. Ada yang dikenal dengan tahua, tahok, bubur tahu, atau wedang tahu. 

Jajanan ini terbuat dari sari kedelai yang diolah menjadi padat dan lembut kemudian, dicampur kuah jahe. Dilansir dari Merahputih.com, kuliner ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang didapatkan dari kandungan protein, fosfor, zat besi, selenium, hingga banyak kandungan nutrisi penting lainnya.

Kembang tahu memiliki tekstur creamy lembut yang mirip panna cotta dengan cita rasa tradisional. Kemudian, disajikan dengan kuah jahe yang hangat sehingga membuat jajanan ini cocok disantap saat musim hujan.

Dulu kembang tahu dijual oleh para penjual keliling dengan gerobak piluk. Seiring dengan perkembangan zaman, sayangnya penjual kembang tahu kian hari semakin sulit dijumpai.

Namun tidak perlu khawatir, saat ini kembang tahu dapat dibeli secara online dalam kedai Tahooe Cihuni, Serpong, Tangerang. Dalam kedai tersebut, tersedia kembang tahu jahe yang sama dengan jajanan tradisional pada umumnya.

Kedai Tahooe Cihuni juga mulai berinovasi dalam menyuguhkan kembang tahu dengan beberapa varian kuah dan topping. Seperti, kembang tahu gula putih, kembang tahu granola, kembang tahu cincau, kembang tahu gula aren, dan terdapat topping modern kembang tahu dengan boba pearl.

Bagi kalian yang ingin mencicipi kembang tahu dalam kedai Tahooe Cihuni dibanderol dengan harga Rp 23.000-29.000. Kembang tahu ini dapat dipesan melalui aplikasi pesan antar makanan dan dapat menemani kalian ketika musim hujan seperti saat ini. (MG/Nadia)

Sumber: review KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.