BijakFun

Go Smart Card, Kartu dengan Huruf Braile Bantu Disabilitas Netra di India Gunakan Komuter

Dalam memudahkan penyandang disabilitas dalam menggunakan fasilitas transportasi publik, Lucknow Metro sebagai perusahaan Komuter asal India

663   views

Kamibijak.com, Hiburan – Dalam memenuhi hak penyandang disabilitas menggunakan transportasi umum, Perusahaan Komuter asal India bernama Lucknow Metro India meluncurkan Go Smart Card. Kartu ini memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas netra saat berpergian menggunakan Komuter.

Lucnow Metro digadang-gadang menjadi pelopor penerbitan kartu pintar untuk disabilitas netra di negara tersebut. Kartu ini dilengkapi tulisan braile untuk memudahkan disabilitas netra dalam menggunakan kartu berwarna merah tersebut.

Kumar Kesnav selaku Managing Director UP Metro Rail Corporation mengonfirmasi berita ini. Go Smart Card akan dibagikan secara gratis kepada sejumlah penyandang disabilitas netra pada hari peluncurannya.

Peluncuran kartu pintar ini merupakan buah kerjasama dengan Meet Welfare Foundation, LSM yang bekerja untuk kesejahteraan dengan disabilitas netra.

"Saya berada di stasiun lokal di sebuah tempat bernama Charbagh sekitar setahun yang lalu dan saya melihat seorang pemuda tunanetra berjuang untuk mengenali kartu Metro-nya di tengah semua kartu lain di dompetnya. Saat itulah ide kartu pintar Braille datang kepada saya. Saya mulai mengerjakan ide itu dan Lucknow
Metro juga mendukung," ucap Rohit Kumar kepada Newz Hook seperti dilansir dari liputan6.com.

Dalam menyempurnakan kartu tersebut, Rohit membutuhkan waktu hampir delapan bulan. Ini dikarenakan Rohit sendiri tidak mengerti huruf Braille dan dia bekerjasama dengan banyak tim untuk menyempurnakannya. Pejabat Lucknow Metro dan Rohit berharap dengan adanya kartu pintar ini akan mendorong komuter lain untuk melakukan hal yang sama.

"Prestasi ini telah memberi kami banyak kekuatan dan keberanian untuk menciptakan kartu pintar Braille di semua kota metropolitan dan mudah-mudahan kami bisa melakukan ini," pungkas Rohit, yang juga memiliki keinginan untuk memberdayakan tunanetra.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4249385/go-smart-card-berhuruf-braille-bantu-penyandang-disabilitas-netra-berpergian-dengan-komuter

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
Tag: go smart card,go smart card india,huruf braile,braile,disabilitas netra,kartu dengan huruf braile,komuter india,kamibijak,kami bijak