BijakFun

Difalitera Menyediakan Sastra Suara untuk Teman Difabel Netra

Teman-teman Difabel netra dapat menikmati karya sastra suara dari komunitas Difalitera.

222   views

Kamibijak.com, Hiburan - Difalitera merupakan suatu komunitas yang menyediakan berbagai karya sastra, seperti puisi, cerita pendek, dan cerita anak yang dikemas dalam bentuk audio.

“Sastra harus dapat dinikmati oleh siapapun, termasuk para teman-teman Disabilitas netra,“ kata pendiri Difalitera, Indah Darmasurti.

Ia mendirikan komunitas tersebut dengan tujuan memenuhi hak baca, terutama bacaan sastra untuk teman-teman Tunanetra, karena mereka itu sangat minim untuk bisa mengakses segala ilmu pengetahuan.

Meskipun dibuat dalam bentuk audio, karya Difalitera dinikmati oleh teman-teman Difabel netra dan juga masyarakat non-Difabel.

Difalitera yang didirikan pada 10 November 2018, memiliki enam narator atau pembaca karya. Mereka mengizinkan karyanya untuk diubah dalam bentuk audio books. Tidak hanya dari penulis, ada juga yang mendapatkan kiriman, dan ada juga teman-teman Difabel netra yang mengirimkan tulisannya.

Kemudian, untuk proses karya yang dimuat tidak ada kriteria khusus tertentu.

"Tidak juga harus tentang difabel, boleh apapun asal bagus. Kalau aku sendiri, lebih suka yang bermuatan lokalitas. Tapi kalau ada yang out of the box, itu tidak apa," ujar Indah.

Karena faktor tempat tinggal yang tersebar di berbagai wilayah, membuat hampir seluruh tim kerja Difalitera tidak pernah bertemu satu sama lain secara langsung.

Difalitera juga membawa misi untuk melestarikan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia yang kontennya dinamakan Cerita Cekak.

"Jadi itu khusus menampung sastra nusantara yang menggunakan bahasa-bahasa daerah," ujarnya.

Difalitera membuka peluang untuk orang lain yang ingin berpartisipasi, bergabung menjadi volunteer, khususnya di posisi ilustrator musik atau editor. Bagi kalian teman-teman yang ingin bergabung menjadi volunteer, bisa menghubungi Indah lewat direct message di akun Instagram @indah.darmastuti atau @difalitera.

Komunitas Difalitera juga kerap bekerja sama dengan komunitas lain, seperti Intersastra.

"Intersastra itu digarap oleh kawan ku yang dari Norwegia, di sana ada cerita pendek dari bahasa Indonesia dan Inggris. Lalu karena kerja sama, itu mereka mengizinkan karya disana digarap untuk menjadi audio books," ujarnya. 

Untuk teman-teman yang ingin mendengarkan karya sastra suara dari Difalitera, kalian bisa mengakses langsung situs Difalitera.org, ataupun lewat platform Spotify dengan username Difalitera. (FEB/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4475587/komunitas-difalitera-sediakan-sastra-suara-untuk-penyandang-difabel-netra#
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): difalitera,komunitas difalitera,difalitera tunanetra,difalitera difabel netra,difalitera teman netra,disabilitas,media ramah disabilitas,teman disabilitas,kamibijak,kami bijak