BijakFlash

Desain Kursi Pesawat Khusus untuk Teman-Teman Disabilitas

Seorang wanita dengan cerebral palsy asal Montreal mendesain kursi di pesawat khusus untuk teman-teman Disabilitas.

369   views

Kamibijak.com, Flash – Wanita dengan Cerebral Palsy asal Montreal mendesain kursi di pesawat khusus untuk teman-teman Disabilitas. Ia melihat banyak teman Disabilitas yang merasa kesakiktan jika duduk dalam waktu yang lama di pesawat.

Sebagian orang banyak yang merasakan kurang nyaman untuk duduk di kursi pesawat selama penerbangan yang panjang. Namun bagi teman-teman Disabilitas, seperti Sandra Gualtieri mengatakan itu bisa sangat menyakitkan.

"Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah para penyandang disabilitas memiliki kursi khusus di perangkat mobilitas mereka yang disediakan untuk mereka. Jadi kursi di tempat lain sangat menyakitkan, terutama untuk jangka waktu yang lama," kata Sandra Gualtieri, dikutip dari CBC Montreal's Daybreak.

Awalnya, ia melakukan survei kecil terhadap teman-teman Disabilitas dan menemukan bahwa 72% responden menyatakan bahwa mereka mengalami rasa sakit dan tidak nyaman saat duduk di kursi pesawat. Dan idenya pun muncul untuk membuat solusinya seperti apa.

"Meskipun kami adalah populasi minoritas, kami tetap memiliki hak seperti orang lain di masyarakat. Itu penting untuk diingat orang. Kami punya hak untuk bepergian dengan hormat," katanya.

Kemudian Sandra Gualtieri dengan bantuan dari empat mahasiswa teknik mesin di McGill University mampu merancang kursi pesawat khusus untuk mengurangi ketidaknyamanan di pesawat bagi teman-teman Disabilitas.

Kursi rancangannya hanya perlu diletakkan di atas kursi pesawat biasa. Namun bagian bawah kursi rancangannya ini terbuat dari busa memori agar sesuai dengan tubuh pengguna. Ini juga memberi dukungan untuk mempertahankan pengguna kursi agar tetap duduk tegak.

Sandra ingin melayani sebanyak mungkin teman-teman Disabilitas yang membutuhkan bantuannya.

Sedangkan empat mahasiswa dengannya membangun prototipe kursi tersebut, melakukannya sebagai bagian dari proyek tahun terakhir kuliah.  Salah satunya, Soufiane Boukhabrine mengaku merasa terinspirasi dan senang bisa membantu komunitas yang diabaikan oleh orang lain. Proyek akhir tersebut membuka matanya juga tim yang kemudian memutuskan untuk mengubah jalur karir mereka.

"Kami tahu bahwa produk yang kami rancang akan berdampak besar," kata Soufiane Boukhabrine, dikutip dari CBC.

"Anda tidak akan percaya umpan balik positif yang saya terima sekarang. Orang-orang mengatakan ini adalah ide yang bagus. Mereka ingin menjadi yang pertama mencobanya," kata Gualtieri.

Dengan rancangan kursi pesawat yang mereka buat, mereka sampai memenangkan juara pertama dalam kategori the Social Innovation Enterprise di McGill's Dobson 2021 Cup.

Akan tetapi untuk bisa  bisa menyediakan kursi pesawat tersebut secara luas. Salah satunya dan yang terpenting yaitu kursinya harus disetujui oleh pihak Transport Canada. Kemudian terserah maskapai penerbangan untuk menyediakan kursi bagi penumpang atau mengizinkannya untuk dibawa oleh perorangan. (FEB/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4525240/wanita-dengan-cerebral-palsy-mendesain-kursi-pesawat-khusus-penyandang-disabilitas?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Top
#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): disabilitas,teman disabilitas,kursi pesawat,desain kursi pesawat,desain kursi pesawat disabilitas,mcgill university,sandra gualtieri,berita disabilitas,media ramah disabilitas,ramah disabilitas,kamibijak,kami bijak