BijakFlash

Cave Syndrome Sebuah Pertanda Takut Keluar Rumah Karena Covid-19

Mengenali apa itu Cave Syndrome.

646   views

Kamibijak.com, Flash - Adanya pandemi Covid-19 yang datang melanda berbagai negara tidak hanya menyebabkan berdampak kepada kesehatan fisik tetapi kesehatan mental juga ikut dihajar selama masa pandemi. Salah satu isu yang beredar adalah ketakutan seseorang untuk keluar dari rumah karena memiliki ketakutan terpapar virus Covid-19, gejala tersebut disebut juga dengan Cave Syndrome.

Cave Syndrome adalah fenomena yang diprediksi akan dihadapi oleh banyak orang selama pandemi & pasca pandemi.

Ahli kesehatan mental mengatakan, Cave Syndrome membuat sebagian orang mengalami ketakutan atau ragu untuk kembali ke kehidupan sebelum pandemi, ditandai dengan perasaan cemas untuk kembali bersosialisasi secara langsung setelah pandemi Covid-19. 

Penyebabnya bervariasi, sebagian besar karena mereka ragu untuk kembali ke kehidupan normal karena ketakutan terhadap resiko terinfeksi Covid-19. Sebuah studi yang dilakukan American Psychological Association menyebutkan, 49% warga AS yang sudah mendapatkan vaksin merasa tidak nyaman berinteraksi langsung seperti masa sebelum pandemi. 

Pada Mei 2020, para peneliti di University of British Columbia menerbitkan sebuah penelitian yang memprediksi bahwa diperkirakan 10% orang-orang di tengah pandemi mengalami sindrom stres COVID setelah mengatasi masalah psikologis yang parah. Tetapi ada beberapa orang yang menjadi terbiasa dengan kesendirian karena masa lockdown. Jika kecemasan terus-menerus berlangsung, makan ahli menyarankan untuk melakukan terapi. (GLOR/MG).

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-5654576/takut-keluar-rumah-karena-covid-19-bisa-jadi-pertanda-cave-syndrome 

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: https://www.youtube.com/c/KamiBijakID

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
==============================================================
Tag: cave syndrome,apa itu cave syndrome,mengenal cave syndrome,cave syndrome covid,cave syndrome covid 19,cave syndrome cnn,disabilitas,teman disabilitas,penyandang disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com