Bincang Isyarat “Edukasi Bisindo” Bersama Surya Sahetapy

Pada Bincang Isyarat kali ini , tim KamiBijak membahas tentang edukasi Bisindo bersama salah satu aktivis Tuli, Surya Sahetapy.

167   views

KamiBijak.com, Bincang Isyarat –  Kali ini KamiBijak kembali mengadakan Bincang Isyarat dengan menghadirkan Surya Sahetapy yang merupakan seorang aktivis Tuli, live yang diadakan di kanal YouTube KamiBijak pada Sabtu (23/10) kemarin.
 
Sempat ramai dengan pembahasan penggunaan bahasa isyarat di akun sosial media Surya Sahetapy, akhirnya pada kesempatan Bincang Isyarat kali ini Surya membahas tentang penggunaan SPOK pada bahasa isyarat. Surya menjelaskan perbedaan antara pengucapan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa isyarat yang di mana sering salah dipahami oleh teman-teman non-disabilitas.

Surya menambahkan pada dasarnya penggunaan Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) bisa digunakan oleh teman-teman yang benar-benar Tuli, namun untuk teman-teman non-disabilitas yang belajar Bisindo ini yang mengikuti konsep dalam bahasa Indonesia. 

Seakan sudah sadar dengan komentar negatif yang ditujukan netizen kepadanya, Surya menjelaskan bahwa konten yang ia publish di akun Tik Toknya bertujuan untuk memberikan edukasi tentang bahasa isyarat. 

“Memang harus dimaklumi kalau ada beberapa netizen yang belum pernah diajari oleh gurunya untuk membahas mengenai hal tersebut, maka dari itu ini adalah kesempatan saya untuk mengajarkan mereka agar pikirannya bisa terbuka dan berwawasan luas,“ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama Surya juga mengungkapkan keinginannya untuk bergabung di program teater untuk aktor Tuli, karena Surya ingin lebih banyak lagi orang Tuli yang bergabung di dunia teater. 

Surya juga berpesan untuk selalu memperbaiki kekurangan kita agar teman-teman Tuli bisa setara dan sama profesionalnya juga dengan teman-teman non-disabilitas di luar sana. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kQxGEVf_3Eg&ab_channel=KamiBijak 

#BincangIsyarat
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

=======================================================
Tag: bincang isyarat,bincang isyarat kamibijak.com,bincang isyarat kamibijak,bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,edukasi bahasa isyarat,edukasi bahasa isyarat indonesia,
edukasi bisindo,surya sahetapy,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com