BijakFun

Belajar Menjadi “Bodo Amat” untuk Cegah People Pleasure

People pleasure, sifat yang merugikan diri sendiri dengan mengikuti dan menyenangkan orang lain.

181  views

KamiBijak.com, Hiburan – Takut menolak permintaan orang lain? Bisa jadi kamu mempunyai sifat people pleasure. Ketika ingin menyenangkan semua orang, kamu akan tersiksa dan tidak bisa memprioritaskan diri sendiri.

Selalu mengikuti kemauan orang lain agar tidak dijauhi dan ditolak, membuatmu menjadi people pleasure. Perasaan tidak enak yang kamu miliki, sebenarnya merugikan diri sendiri, loh.

Misalnya saja ketika kamu sedang tidak memiliki cukup uang untuk menghabiskan waktu bermain keluar bersama teman, tetapi kamu takut untuk menolak mereka. 

Apa akibatnya? Uang terus menipis dan tidak mencukupi kebutuhan primer. Kamu jadi tidak bisa memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang lain.

Mulai saat ini, harus belajar “bodo amat”, supaya gaya kehidupanmu bisa menjadi lebih sehat.

  1. Berkata TIDAK pada orang lain

Ketika orang lain atau temanmu mengajukan permintaan, kamu bisa berkata tidak. Apabila ia ingin meminjam uang, kamu berhak menolak. Jangan  meminjami uang pada orang lain ketika kebutuhan kamu belum terpenuhi.

Jangan salah sangka, untuk mengutarakan kata ‘tidak’ pada orang lain juga harus dengan tutur kata yang sopan. Kamu bisa menjelaskan dengan baik kepada mereka mengenai alasanmu menolaknya.

  1. Tidak bisa menyenangkan semua orang

Hal ini yang perlu kamu sadari, sulit untuk menyenangkan semua orang. Tidak semua tindakan disenangi orang lain. Namun, itulah keunikanmu. Tidak perlu berpacu pada standar orang lain sehingga kita harus mengikuti kemauannya.

Kamu hanya perlu bekerja sebaik mungkin untuk kebahagiaan dan kesuksesan diri. Prioritaskan diri, bahagiakan diri dulu, kemudian orang lain.

  1. Bersikap dengan tegas

Apabila kamu terus menerus memiliki sifat people pleasure, orang-orang akan selalu berdatangan untuk meminta bantuan. 

Kamu harus bisa bersikap dengan tenang agar bisa berpikir secara rasional dan dengan tegas menolak mereka.

  1. Mengetahui batasan yang tidak disukai

Batasan yang kamu buat berguna untuk kemudian hari, loh. Kita dapat menentukan batasan kapan membantu orang lain dan tidak. 

Faktor yang harus kamu pertimbangkan bukan hanya kesanggupan, melainkan kondisi dan waktu juga. 

  1. Berhenti memikirkan komentar negatif

Setelah menolak seseorang kamu selalu kepikiran? Jangan lakukan hal ini ke depannya, ya. Setiap tindakan yang kamu pilih tentunya sudah dipertimbangkan dengan matang.

Tidak perlu takut dengan pikiran dan komentar negatif orang lain mengenai dirimu. Bersikap bodo amat, agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Takut dikucilkan dan dijauhi orang lain, merupakan pemikiran yang dangkal dibandingkan memprioritaskan diri sendiri. Belajar menjadi cuek juga bagus untukmu, tetapi harus mempertimbangkan setiap tindakanmu juga. (MG/Galuh)

Sumber: merahputih.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.