KabarBijak

Bebas dari Eksploitasi, Kekerasan, dan Perlakuan Semena-mena

Sebagai penyandang disabilitas, harus berani bicara dan membuktikan diri.

180  views

KamiBijak.com, Infosiana - Webinar untuk Pelatihan CPRD Ke-2, diadakan pada tanggal 14 Mei 2022 pukul 10.00 pagi melalui Zoom Meeting. Pelatihan kali ini membahasa tentang “Bebas dari Eksploitasi, Kekerasan, dan Perlakuan Semena-mena”. Materi dibawakan oleh Ibu Vina Novina Puspita Sari Ridhwan dan pemantik diskusi dipimpin oleh Ibu Mimi Mariani Lusli. 

Kekerasan adalah tingkah laku yang tidak manusiawi yang dapat merugikan orang lain. Bentuk kekerasan yang dilakukan bisa seperti kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan emosional, dan kekerasan seksual. 

Seringkali kita melihat bahwa penyandang disabilitas sering mendapatkan kekerasan, biasanya akan dipendam dan mulai memengaruhi mental dan kejiwaan diri. Untuk itu, kita harus membantu para penyandang disabilitas yang mengalami kekerasan dan harus berani membicarakannya kepada keluarga agar mendapatkan solusi dan jalan keluar. 

Saat dihadapkan dengan pilihan, penyandang disabilitas harus juga bisa menjelaskan kemauan diri, agar sesuai dengan kemauan hati. Contohnya seperti memilih jurusan kuliah. Kita dapat menjelaskan informasi yang kita ketahui agar keluarga tidak meragukan pilihan diri kita sendiri. 
Sebagai penyandang disabilitas, kita punya hak dan wewenang untuk berbicara. Misalnya, pada saat dituntun berbeda jenis berjalan. 

Jika pendamping terlalu berani, hingga melakukan kekerasan seksual, kita harus melaporkan pada pihak berwajib. Di Indonesia sendiri, terlalu banyak pemakluman sehingga hal tersebut sering terjadi tanpa diketahui siapapun. Oleh karena itu, sebagai penyandang disabilitas, kita harus berani bicara, jangan mengeluh, dan harus membuktikan bahwa kita juga bisa. (Michelle/MG)

Sumber: Liputan Daring, (14/05/22)

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.