BijakFun

Antoni Disabilitas Asal Indonesia Raih Gelar Doktor di Australia

Penyandang disabilitas Indonesia berhasil meraih gelar Doktor di Australia

98  views

KamiBijak.com, Hiburan - Antoni Tsaputra, seorang penyandang disabilitas berhasil meraih gelar doktor di New South Wales University , Australia. Antoni membuktikan meski dengan keterbatasan fisik berat tetap bisa meraih keberhasilan. Saat ini Antoni telah kembali ke kota asalnya di Padang, Sumatera Barat. Usai menyelesaikan pendidikan S3-nya, Antoni kembali bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dan kembali aktif di bidang advokasi hak-hak penyandang disabilitas.

“Tantangan terkait disabilitas saya adalah waktu yang diperlukan relatif lebih lama dalam menulis, karena saya mengetik menggunakan virtual keyboard, sehingga saya juga harus menghabiskan lebih banyak waktu di lab untuk bekerja,” kata Antoni. Antoni berharap dirinya bisa menginspirasi para disabilitas lain. Antoni mengatakan tidak ada yang tidak mungkin bahkan bagi penyandang disabilitas sekalipun.

“Tidak ada hal yang disebut sebagai tidak mungkin. Yang dibutuhkan adalah tekad yang kuat dan kerja keras,” katanya lagi. Antoni menyelesaikan S1 di Universitas Andalas Padang jurusan Sastra Inggris pada tahun 2000. Saat menyelesaikan pendidikan S3-nya, Antoni meneliti tentang potensi penganggaran pemerintah Indonesia yang berpihak kepada penyandang disabilitas untuk bisa merealisasikan hak-hak penyandang disabilitas dalam seluruh sektor. 

Antoni sangat peduli terhadap pemenuhan hak-hak disabilitas. Antoni mengaku saat ini pemerintah hanya berfokus pada ranah rehabilitasi sosial saja. Padahal masih banyak hak-hak penyandang disabilitas lain yang harus dipenuhi pemerintah. Usai menyelesaikan studinya, Antoni kembali ke Padang dan aktif dalam bidang advokasi hak-hak penyandang disabilitas. (Sonia/MG)

Sumber : Keepo.me

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.