BijakFun

Windari Disabilitas asal Bali, Pamerkan Karya Lukisannya

Karya Windari Disabilitas dipamerkan di event G20 Bali

155  views

KamiBijak.com, Hiburan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) memamerkan karya disabilitas untuk meningkatkan ekosistem ekonomi digital. Pameran ini dilakukan dalam event Presidensi G20, dalam B20 Indonesia Digital Economy to Support Sustainable Development Goals di Nusa Dua, Bali, Senin 8 Agustus 2022.

Karya dari disabilitas yang berhasil diperlihatkan dalam B20 ini antara lain lukisan, pakaian, tas dan penganan.

Amy Wirabudi selaku Ketua II Perempuan Tangguh Indonesia menyebutkan, PTI bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia memiliki kesamaan visi dalam pemberdayaan penyandang disabilitas dalam mengembangkan ekosistem ekonomi digital, dengan melakukan pelatihan-pelatihan.

Penyandang Disabilitas dari Bali, Windari Pamerkan Karya Lukisannya

"Yang ingin kami capai adalah kemandirian mereka, sekarang kan kita semua memasuki era digital, otomatis kita harus bisa mengikuti kemajuan teknologi tersebut," ucap Amy Wirabudi, Selasa, 9 Agustus 2022.

Amy menambahkan, PTI telah melakukan pelatihan bagi 126 orang disabilitas di wilayah Jakarta dan Bandung. PTI juga akan mengenbangkan ke daerah lain di Indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan beragam produk dibidang kuliner, tata rias, melukis membatik dan membuat keramik.

 "Dan 2022 ini kita akan masuk ke dalam dunia seni. Karena menurut kami kalau kita mau masuk ke era digital artinya itu adalah dunia tanpa batas yang bisa menembus apapun," ucapnya.

Amy menyebut, seni adalah bahasa universal. Ia berharap dengan melakukan pelatihan-pelatihan di bidang seni, misalnya melukis, membatik dan masuk ke dalam platform yang dibangun oleh Kemenkop, kata Amy nantinya akan menjangkau dunia internasional. 

Salah satu karya yang berhasil dipamerkan dalam rangkaian side event Presidensi G20 adalah Lukisan karya Windari, disabilitas asal Buleleng. Karya gadis Bali ini sebelumnya juga ikut dalam rangkaian kegiatan  PTI di Manokwari dan juga danau Toba Sumatera Utara.

"Dengan keterbatasan yang dimilikinya windari tetap semangat untuk memberikan karya terbaik," kata Amy. 

Myra Winarko selaku Ketua Umum Perempuan Tangguh Indonesia berharap peran serta pemerintah untuk bisa menunjang program program PTI, terutama yang ditujukan khusus untuk para disabilitas.  

"Jadi saya harap pemerintah mau mensupport  mereka dan memberi kesempatan setara dengan yang lain," ucap Myra.  (MG/Dicky)

Sumber: Viva.co.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.