BijakFun

Waspada! Anda Harus Batalkan Puasa Segera Jika Alami 11 Gejala Dehidrasi Berat Ini

Selain membutuhkan niat yang kuat, menjalankan ibadah puasa juga harus dibarengi dengan kondisi tubuh optimal. Jika anda mengalami salah satu dari 11

243   views

Kamibijak.com, Hiburan. Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh pastinya membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Namun, tidak semua orang mengalami kondisi tubuh yang sehat sehingga ada yang tidak menjalankan ibadah puasa sementara waktu. Salah satunya karena seperti dehidrasi.

Dehidrasi ringan memang sering terjadi karena kita tidak boleh minum dan makan selama puasa dan itu wajar. Namun berbeda jika yang terjadi adalah dehidrasi serius atau kronis. 

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kamu kekurangan cairan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Puasa, jika dilakukan dengan tepat, biasanya tidak menyebabkan dehidrasi meskipun kamu tidak minum apa pun selama berjam-jam di siang hari.

Namun beda halnya dengan dehidrasi berat atau kronis. Biasanya dehidrasi kronis disebabkan beberapa hal seperti diare, muntaber, berkeringat banyak, muntah-muntah, mabuk perjalanan, pengidap diabetes, dan tidak makan atau minum saat sahur. Itu bisa sangat berbahaya.

Jika dehidrasi yang dirasakan berat dan kronis dan tetap menjalankan ibadah puasa, bisa mengancam nyawa. Apabila tidak segera ditangani maka akan berisiko mengalami gangguan fungsi ginjal dan memicu penyakit batu ginjal. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebankan kerusakan otot dan gangguan sembelit, jika tidak segera ditangani maka akan mengancam nyawa dan menyebabkan kematian.

Seperti dilansir dari merahputih.com, berikut ini 11 gejala dehidrasi berat yang membuat kamu lebih baik membatalkan puasa sesegera mungkin. 

1. Linglung dan tidak bisa berpikir
2. Kulit tidak balik lagi seperti semula setelah dicubit
3. Napas memburu
4. Jantung berdebar
5. Demam
6. Meracau atau mengigau
7. Pusing ketika bangkit dari tempat duduk, tapi pusing tak kunjung hilang
8. Tidak buang air kecil selama lebih dari 8 jam
9. Denyut nadi lemah
10. Kejang
11. Hilang kesadaran

Keselamatan saat menjalankan ibadah puasa adalah yang terpenting. Supaya tidak dehidrasi berat, disarankan untuk minum minimal delapan gelas air dalam sehari agar fungsi ginjal tetap optimal. Dan jangan lupa konsumsi menu yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berbuka puasa.

Jika anda sedang merasa sakit yang memiliki penyakit yang menyebabkan penurunan cairan tubuh secara drastis seperti muntah-muntah dan diare bisa langsung dikonsultasikan kepada dokter dan tidak menjalankan ibadah puasa sementara waktu.

Sumber:
https://merahputih.com/post/read/11-tanda-dehidrasi-tanda-harus-membatalkan-puasa

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.