BijakFun

Uniknya Konsep ½ Kopi Tiam yang Mempekerjakan Atlet Disabilitas

½ Kopi Tiam mengusung konsep yang unik dan berbeda, yakni merekrut atlet disabilitas untuk bekerja.

142  views

KamiBijak.com, Hiburan - Ada sebuah tempat yang unik bernama 1/2 Kopi Tiam dan berlokasi di Jalan Sepakat 2, Pontianak. Hampir semua pekerjanya adalah para atlet disabilitas yang direkrut dari 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. 

Pendiri ½ Kopi Tiam Musta’at Saman mengutarakan alasan menggunakan “1/2 Kopi Tiam” sebab para disabilitas yang bekerja di sini bertangan satu, jadi semua orang disabilitas adalah yang setengah-setengah (secara fisik).

"Jadi cafe ini adalah salah satu cara kita untuk mencoba meningkatkan harkat martabat mereka. Filosofi dari kopi tiam ini kenapa dinamakan 1/2 Kopi Tiam karena pekerjanya ada yang tangannya satu, jadi setengah. Semua yang di sini setengah-setengah. Kalau badannya bagus, kalau dia tidak tuna rungu, tuna wicara pasti dia tuna grahita. Jadi di sini 80 persen setengah-setengah yang kerja," ungkapnya.

Kafe ini mengajarkan kemandirian agar karyawan disabilitasnya dapat membuka usaha sendiri dan juga memberikan keterampilan lain bagi atlet disabilitas dapat mengerjakan hal yang lain, selain olahraga, seperti pelatihan barista, membuat makanan sampai bikin konten. 

Walaupun mereka memiliki kekurangan tapi itu tidak menghalangi, mereka bisa melayani dari membuat kopi hingga mengantar ke meja pelanggan, hal demikian dapat dilakukan seperti biasa. 

Nah, kalian penasaran? Yuk lihat videonya di Instagram @satuperduakopitiam

Keren ya! Semoga pemberdayaan ini bisa bermanfaat bagi para disabilitas, mengingat pentingnya kemampuan untuk bisa menghidupi perekonomian secara mandiri. (Restu)

Sumber: kumparan.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.