BijakFun

Tunjukkan Eksistensi, Berikut Profil Tolhas Damanik Panelis Disabilitas di Debat Capres

Tolhas Damanik, Panelis Debat Capres Kelima yang mewakili Penyandang Disabilitas.

110  views

KamiBijak.com, Hiburan - Pada minggu lalu 4 Februari 2024, debat pamungkas atau Debat Kelima Capres dilaksanakan di Jakarta yang dihadiri 12 panelis di antaranya adalah Tolhas Damanik yang mewakili penyandang Disabilitas. Tolhas hadir pada debat yang mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Tolhas Damanik merupakan penyandang disabilitas Netra asal Depok, Jawa Barat. Diketahui merupakan Penasehat Hak Penyandang Disabilitas Jaringan Pemilihan Umum Akses Disabilitas (AGENDA). Aktif dan bersemangat dalam menyuarakan hak-hak disabilitas jelang Pemilu 2024 mendatang, pria Kelahiran Pulau Bangka ini mulai menjadi aktivis disabilitas pada 1996 pada saat berkuliah S1 dan dirinya pun bergabung dengan sebuah lembaga lokal Yayasan Mitra Netra. Diketahui juga pada tahun 2013 Tolhas memiliki lembaga lokalnya sendiri yakni Wahana Inklusif Indonesia. Tolhas merupakan alumni dari Universitas Negeri Jakarta, ia juga tidak menjalani dunia pendidikan secara khusus. 

“Dulu di tempat saya kelahiran saya memang tidak ada sekolah yang khusus, saya bersekolah di tempat umum selama ini dan dibantu oleh teman dan guru dari SD sampai kuliah,”jelas Tolhas Damanik, ia juga menegaskan bahwa ia terlahir dengan keadaan Netra total, dan hanya bisa melihat cahaya tapi untuk bentuk dari objeknya tidak dapat dilihat. Pada Debat Capres terakhir atau Kelima ini, Tolhas Damanik mendengarkan  dan menyimak jawaban dari tiga Capres terkait  data Disabilitas.  

Debat dengan subtema Kesejahteraan Sosial dan Inklusi disabilitas, dengan pertanyaan dari subtema yang berada pada huruf “C” dengan bunyi: “Negara Beradab adalah negara yang memenuhi hak kelompok rentan termasuk disabilitas. Pasal 5 Undang-Undang Penyandang Disabilitas diantaranya yang mengatur tentang pemberian konsesi dan penyediaan data belum terpenuhi. Dengan pertanyaan “Apa Komitmen paslon dalam memberi konsesi dan penyediaan data penyandang disabilitas?”ucap moderator dalam Debat Capres Kelima (4/2/2024). (Faridz/MG)

Sumber : Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.