BijakFun

Tshering Lham: Melawan Stigma dan Menginspirasi Disabilitas Daksa

Tshering ingin melawan stigma bahwa disabilitas daksa tidak bisa mandiri.

2,281  views

Kamibijak.com, Hiburan – Seorang wanita disabilitas daksa bernama Tshering Lham (21) asal Bhutan ini menggunakan kaki sebagai alat untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Meskipun sering kali diabaikan oleh orang lain, hal itu tidak menghalangi semangatnya. Ia memiliki hobi melukis dan melakukan pekerjaan rumah tangga serta mengganti pembalutnya sendiri.

"Saya harus duduk di lantai untuk menggunakan kaki saya dalam mengganti pembalut," ungkap Tshering seperti yang dilansir dari Unicef pada Jumat, (2/6/2023) lalu

"Jadi, saat sedang menstruasi, saya tinggal di rumah agar dapat mengganti pembalut di kamar saya sendiri," lanjutnya.

Sebagai siswa di pusat pelatihan kejuruan Draktsho, sebuah organisasi masyarakat sipil (CSO) untuk anak-anak dan remaja disabilitas di Thimphu, Bhutan, Tshering telah tinggal bersama orang tuanya selama empat tahun terakhir. Ia mendapatkan dukungan dan perhatian dari keluarganya.

Kakak perempuannya membantunya dalam berpakaian dan mengantarnya ke sekolah setiap pagi. Para suster percaya bahwa berjalan selama 30-40 menit setiap pagi dan sore hari akan membantu mobilitas Tshering.

"Banyak teman saya juga tinggal di rumah selama menstruasi. Untuk anak perempuan disabilitas seperti kami, kami membutuhkan toilet yang nyaman digunakan, lengkap dengan air dan sabun," ujar Tshering.

Tshering menerima dukungan dan perhatian yang besar dari keluarganya. Kakak perempuannya membantunya dalam berpakaian dan mengantarnya ke institut setiap pagi. Para suster percaya bahwa berjalan selama 30-40 menit setiap pagi dan sore hari akan membantu Tshering.

"Dia tidak suka naik bus, tetapi ketika kami berjalan ke pusat itu, orang-orang mengolok-oloknya," kata saudara perempuannya, Sonam Zangmo. "Dia tahu kapan saatnya menstruasi dan menyiapkan pakaian dalamnya dengan melapisinya dengan pembalut.

Sonam sendiri menghidupi adiknya dengan menjalankan bisnis restoran bersama teman-temannya. Ketika Sonam pergi bekerja, Tshering membantu merawat anak-anak saudara perempuannya. (MG/Disha)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.