BijakFlash

Tri Suci Waisak 2022, Hajatan diikuti Pawai dari Ribuan Umat Buddha Menuju Candi Borobudur

Peringatan 3 peristiwa penting pada Waisak 2022, ribuan umat pawai menuju Candi Borobudur

135  views

KamiBijak.com, Flash - Setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi COVID-19, ribuan umat Buddha kembali menggelar peringatan Tri Suci Waisak dengan pawai dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022).

Bersama berbagai anggota Sangha, umat Buddha siap mengikuti pawai Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Sekitar pukul 07.30 WIB rangkaian pawai memenuhi Jalan Mayor Kusen, Mungkid, Magelang, bergerak melewati simpang Tugu patung Soekarno-Hatta kemudian lewat Jalan Bala Putra Dewa. 

Diawali dengan rombongan sepeda yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kemudian diikuti para bikkhu, bikkhuni, dan rohaniawan, serta perwakilan majelis Buddha lainnya. 

Pawai juga diikuti Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Sri Hartati Murdaya dengan mengendarai mobil hias, serta jajaran pimpinan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi). 

Majelis Buddha yang mengikuti pawai di antaranya Majelis Theravada Indonesia, Sangha Theravada Dharmayut Indonesia, Sangha Mahayana, Sangha Tantrayana Palpung, Sangha Mahanikaya Indonesia, Majelis Kasogatan dan Madatantri, Majelis Agama Buddha Guangji Indonesia dan Majelis Matresia.

Tak kalah antusias, ribuan warga di sepanjang jalan juga memeriahkan perayaan tersebut, sambil mengucapkan selamat Hari Raya Waisak kepada para Bhikkhu, Bhikkhuni serta peserta pawai.

"Selamat Hari Raya Waisak, Semoga Berbahagia," ucap warga serentak.

Perwakilan agama lainnya juga ikut menyambut serta menampilkan semangat persatuan dengan mengenakan pakaian nusantara dari 34 provinsi dengan kearifan lokal.

Pawai Waisak ini juga mendapat perhatian dari turis mancanegara yang sengaja hadir menyaksikan rangkaian perayaan Tri Suci Waisak. Mereka berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan negara lainnya.

Puncak perayaan digelar di Candi Borobudur akan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menteri kabinet Indonesia Maju, sejumlah kepala daerah dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Waisak Nasional 2022 dengan tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagian diikuti secara daring oleh Wapres Ma’ruf Amin. (Sonia/MG)

Sumber: Kumparan.com

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.