BijakFun

Tips Sederhana Supaya Terhindar Penyakit di Musim Hujan

Ada sejumlah penyakit saat musim hujan yang perlu diwaspadai. Berikut ini tips sederhana agar terhindar dari penyakit di musim hujan.

455   views

KamiBijak.com, Hiburan – Puncak musim hujan diprediksi masih akan berlangsung hingga Maret mendatang. Tak heran jika akhir-akhir ini curah hujan di sejumlah wilayah terbilang cukup tinggi, bahkan menimbulkan banjir di beberapa daerah.

Tingginya curah hujan juga membuat udara lebih lembab dan menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat. Berbagai penyakit seperti flu, batuk, gatal-gatal atau kutu air boleh jadi mengintai kesehatan kita.

Oleh karena itu, di puncak musim hujan ini kita harus menjaga kesehatan supaya tubuh tetap bugar dan mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Berikut ini kami rangkum tips sederhana dalam menjaga kesehatan yang bisa kalian lakukan di musim hujan.


1. Jangan Biarkan Tubuh Kehujanan
Tips pertama supaya tubuh tetap bugar adalah jangan biarkan tubuh kehujanan. Saat berpergian disarankan untuk membawa payung atau jas hujan.

Saat kehujanan, tubuh akan kedinginan dan menyebabkan suhu tubuh naik. Ini menyebabkan tubuh lebih mudah terkena demam hingga masuk angin. Kondisi ini juga membuat tubuh berpotensi terserang penyakit ringan seperti flu dan batuk. Apalagi jika imun tubuh melemah.

2. Jaga Asupan Nutrisi
Saat musim hujan juga dianjurkan untuk lebih mengontrol asupan gizi dengan makan makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Disarankan menambah konsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tak perlu repot, vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah jeruk atau suplemen. Vitamin C mampu menangkal flu dan infeksi yang menyerang tubuh di saat musim hujan.

3. Biasakan untuk Selalu Mencuci Tangan
Banyak orang yang tidak menyadari kuman dan virus ada di sekitar kita. Saat kita menyentuh benda, berjabatan tangan, dan bersin, bisa jadi menularkan bakteri dan virus kepada orang lain.

Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun antiseptic untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri penyebab flu dan batuk.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Hal sederhana untuk mencegah penyakit di musim hujan selanjutnya adalah perbanyak minum air putih. Juga dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman hangat supaya tubuh menjadi lebih rileks serta melancarkan sirkulasi darah. Minumlah airputih sebanyak 6 hingga 8 gelas sehari dan bila perlu tambahkan perasan jeruk lemon supaya lebih nikmat.

5. Mandi air hangat
Mandi air hangat setelah terjebak hujan perlahan dapat meningkatkan suhu tubuh. Ini membuat tubuh lebih rileks.

Cara tersebut bisa membantu kita supaya tidak terkena masuk angin dan menyingkirkan kuman serta melindungi diri dari infeksi. Selain untuk mandi, air hangat juga bisa digunakan untuk merendam kaki supaya lebih rileks dan membantu mengusir rasa nyeri yang muncul.

Mandi air hangat ditambah penggunaan garam yang mengandung magnesium sulfat dapat memberikan manfaat lebih. Diantaranya membuat otot menjadi rileks, mengurangi rasa nyeri, dan menenangkan sistem saraf tubuh.

6. Selalu Sedia Pakaian Ganti
Seperti kita ketahui, belum ada pihak yang dapat memprediksi dengan tepat kapan waktu turunnya hujan. Risiko kehujanan bisa saja terjadi.

Ada kemungkinan kamu akan menjalani aktivitas dalam kondisi pakaian yang basah. Oleh karena itu, usahakan selalu membawa pakaian ganti supaya ada pakaian cadangan setelah kita kehujanan.

7. Jaga Kebersihan Rumah
Pada musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun ini mungkin terlihat nyaman, kuman lebih cenderung menyebar sehingga kita perlu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita.

Diusahakan untuk selalu menjaga kebersihan rumah secara teratur. Bersihkan debu yang menempel. Debu yang berterbangan akan terhirup oleh tubuh dan dapat memicu penyakit seperti flu, pilek, bahkan demam.


Demikian tips-tips sederhana yang bisa dilakukan supaya terhindar dari penyakit saat musim hujan, jaga selalu kondisi tubuh tetap prima supaya tetap produktif dalam menjalankan segala aktivitas harian.

Sumber:
https://kumparan.com/kumparansains/7-tips-jaga-kesehatan-di-musim-hujan-1sSOSzafUeL

----
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=================
tag:musim hujan,penyakit musim hujan,tips sehat di musim hujan,tips menghindari penyakit di musim hujan,tips sederhana menjaga kesehatan,penyakit musim hujan,tips kesehatan,tips kesehatan musim hujan,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia