BijakFlash

Tips Mengajar Anak Disabilitas Saat Belajar Online

Berikut 4 tips yang perlu diterapkan dalam mengajar anak disabilitas saat belajar online menurut staf pengajar Universitas Negeri Yogyakarta.

323   views

Kamibijak.com, Flash – Di masa pandemi Covid-19, seluruh siswa diharuskan belajar di rumah demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Hal ini juga dirasakan pelajar Disabilitas yang menyandang autis atau Disabilitas intelektual. Nah, berikut 4 prinsip pelajar Disabilitas saat berada di masa pandemi Covid-19, menurut Puja, salah satu Staf Pengajar di Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

1. Prediktabilitas
“Yang pertama itu prediktabilitas jadi membangun semacam rutinitas yang bisa diprediksi untuk memberikan rasa aman terhadap peserta didik,” jelas Puja.

Hal ini menyangkut pengaturan waktu seperti jadwal pelajaran untuk membangun rutinitas. Tempat yang nyaman bagi anak bisa dilakukan.

2. Fleksibilitas
Fleksibilitas ini dapat disesuaikan dengan keluarga masing-masing. Penyesuaian belajar di rumah saat pandemi Covid-19. Ini berhubungan dengan kelonggaran waktu, metode komunikasi, kegiatan, materi yang diberikan, target belajar, media belajar, dan dokumentasi belajar.

“Ini akan sangat tergantung pada kebutuhan anak dan keadaan orangtua di rumah. Sekolah dapat memberikan berbagai model pembelajaran yang bisa diterapkan orangtua di rumah.” terang Puja.

3. Koneksi
Koneksi berkaitan dengan apa yang sedang terjadi saat ini. Koneksi mencakup komunikasi sekolah antara orangtua dan guru, hubungan anak dengan orangtua, serta hubungan anak dengan lingkungan sekitar.

“Pilih komunikasi yang paling efektif antara sekolah dan orangtua apakah melalui WA atau pertemuan seminggu sekali.” jelas Puja.

Hubungan anak dan orangtua bisa dilakukan dengan meningkatkan kedekatan melalui membaca buku, bermain dengan saudara, berbincang dengan tetangga, berkomunikasi dengan teman sekelas melalui media online.

4. Pemberian dorongan
Memberi dorongan, baik orangtua maupun guru, sangat dibutuhkan anak. Jika anak mengalami kesulitan mengikuti instruksi yang diberikan, maka orangtua dapat membacakan ulang instruksi, memberikan kata kunci, dan memutar video pelajaran.

Terakhir, bertanya pada anak, apakah ada yang menyenangkan. Evaluasi terhadap anak jika ada yang berhasil mereka lakukan. Jika anak ada yang gagal, maka berikan  penyesuaian materi atau perubahan.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4297412/4-prinsip-pembelajaran-difabel-di-era-pandemi-covid-19

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): tips mengajar anak disabilitas,tips mendidik anak disabilitas,belajar online disabilitas,belajar online anak disabilitas,tips belajar online anak disabilitas,teman disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas,kamibijak,kami bijak