BijakFun

Tips Meminta Maaf yang Baik dan Benar

Cara meminta maaf yang baik dan benar kepada seseorang.

798   views

Kamibijak.com, Hiburan - Meminta maaf merupakan tindakan atau upaya untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara minta maaf yang baik, yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan masalah baru lagi, dan memperkeruh suasana.

Berikut beberapa tips yang teman-teman bisa lakukan, agar bisa meminta maaf yang tulus dan benar:

1.Akui bahwa anda melakukan kesalahan
Mengakui kesalahan sendiri dengan lapang dada. Memahami alasan apa yang anda lakukan salah. Sampaikan permintaan maaf pada perbuatan yang tepat.

2.Jangan cari alasan
Mengakui kesalahan dengan tulus. Jangan berusaha mencoba membenarkan segala perbuatan yang anda lakukan, seperti bahwa apa yang anda lakukan adalah untuk kebaikannya.

3.Jangan menyalahkan orang lain
Saat meminta maaf, jangan jadikan hal tersebut sebagai sarana untuk membenarkan diri. Karena jika melakukan hal tersebut, bahwa anda hanya meminta maaf sebagai ungkapan formalitas saja.

4.Ucapkan permintaan maaf
Ucapkan segala permintaan maaf dengan hati yang tulus dan sadar atas apa yang diperbuat. Menyesali atas perbuatan yang telah dilakukan tetapi secara cukup tidak berlebihan. Setelah itu, beri dia waktu untuk merespon dan jangan memaksanya untuk memaafkan anda.

5.Berubah menjadi lebih baik
Tidak hanya meminta maaf, anda juga harus berubah untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

6.Bersiap untuk meminta maaf berulang kali
Anda harus bersiap untuk meminta maaf beberapa kali guna membuktikan permintaan maaf anda yang tulus dan sungguh-sungguh.

7. Jangan anggap meminta maaf sebagai sebuah kompetisi

Meminta maaf bukan suatu kompetisi, tetapi meminta maaf adalah bukti bahwa anda menghargai sebuah hubungan. Maka dari itu buang rasa “Gengsi” saat anda meminta maaf kepada orang lain.

Jadi, setelah melakukan cara-cara tersebut, jangan berharap permintaan maafmu langsung diterima. Karena untuk menerima permintaan maaf orang lain bukanlah hal yang mudah, karena memaafkan orang lain juga membutuhkan proses. (FEB/MG) 

Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/bagaimana-cara-meminta-maaf-dengan-benar#tidak-semua-permintaan-maaf-akan-diterima
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): tips meminta maaf,minta maaf,etika meminta maaf,tips meminta maaf yang baik dan benar,tips meminta maaf yang baik,cara meminta maaf yang baik,etika meminta maaf yang baik,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kami bijak