KabarBijak

Tips Aksesibilitas Untuk Membuat Rapat Microsoft Teams Inklusif

Tips aksesibilitas untuk rapat Microsoft Inklusif bagi produser dan penyelenggara.

152  views

Kamibijak.com, Infosiana– Ini tips untuk membuat rapat Microsoft Teams menjadi lebih inklusif untuk semua pengguna.

Penyelenggara rapat bertanggung jawab untuk merencanakan, menjadwalkan rapat, membuat acara langsung dan menyiapkan izin untuk peserta dan grup yang mengelola acara. 

Ketika merencanakan rapat, cari tahu terlebih dahulu jenis aksesibilitas apa yang peserta perlukan dapat dengan memberikan formulir pendaftaran misalnya.

Untuk acara langsung, pastikan kru produksi bisa menyediakan beberapa umpan kamera ke pembicara agar audiens yang membaca gerak bibir dapat melihat gerak bibir pembicara. 

Perlu pencahayaan yang memadai pada orang yang berbicara dan disarankan speaker menggunakan warna yang berbeda dengan warna kulit pembicara sehingga kontras akan tinggi dan membuat pembacaan gerak bibir menjadi lebih mudah.

Agar presentasi materi dapat diakses dengan mudah, bagikan materi kepada peserta seperti menyediakan link ke materi untuk audiens.

Sediakan info tentang cara mengakses rapat misalnya bantuan suara atau pintasan keyboard pada Microsoft Teams. Atau bisa memberikan tautan langsung untuk bergabung kedalam rapat atau acara langsung.

Produser atau host memegang kontrol acara langsung atau rapat untuk memastikan peserta bisa menikmati pengalaman yang lancar. 

Cara menyiapkan acara langsung inklusif, umumkan fitur aksesibilitas yang tersedia, gunakan dua tata letak konten sebagai penyiar presentasi slide dan secara bersamaan terdapat penerjemah bahasa isyarat.

Untuk mengaktifkan keterangan dan subtitle, pilih tombol pengaturan lalu pilih keterangan langsung peserta. 

Sembari itu, rekam rapat yang sedang berlangsung agar peserta dapat kembali menonton poin yang dibahas dalam acara yang berlangsung. (MG/Luther)

Sumber: Microsoft.com
 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel     
 
Follow kami juga di sini: 

 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.