BijakFun

Tiga Pengetahuan Manajemen dan Pendamping Khusus Teman Disabilitas Saat Terjadi Bencana

Dalam kondisi tanggap bencana, kelompok rentan yang harus diperhatikan adalah kelompok yang memiliki risiko besar salah satunya teman disabilitas.

735   views

Kamibijak.com, Hiburan – Ketika terjadi bencana, kelompok rentan yang harus diperhatikan adalah anak-anak, orang tua, perempuan yang sedang hamil, dan juga teman-teman penyandang Disabilitas. Kelompok ini memiliki risiko besaar saat terjadi bencana, tetapi memiliki sedikit pilihan untuk menyelamatkan dirinya. 
Peneliti The Queensland Disaster Resilience Fund, Michelle Villeneuve mengatakan bahwa ada tiga aksi penting yang harus dilakukan setiap orang dalam menghadapi risiko bencana saat bersama teman-teman Disabilitas. Seperti dikutip dari The Conversation pada Selasa 12 Januari 2021, berikut tiga aksi tersebut.

1. Mendengar dan belajar langsung manajemen bencana dari teman Disabilitas. 
Teman non-Disabilitas belum tentu dapat memahami secara baik apa yang dibutuhkan oleh teman Disabilitas saat kritis. Terkadang banyak Tindakan yang bermaksud untuk membuka akses penyelamatan, tetapi sebetulnya malah membangun batas yang semakin tinggi untuk teman Disabilitas. Oleh karena itu, lembaga penyelematan bencana harus berkoordinasi dengan organisasi penyandang disabilitas. Organisasi ini memainkan peran penting dalam kebijakan, perencanaan, dan intervensi bencana.

2. Sertakan pendamping untuk teman Disabilitas atau petugas kesehatan.
Peran pendamping untuk teman Disabilitas dan juga petugas kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh teman Disabilitas, terutama untuk teman-teman Disabilitas yang memiliki ketergantungan. Pendamping teman Disabilitas ini merupakan aset yang harus dimiliki lembaga penyelamat bencana. Mereka telah biasa berinteraksi di masyarakat, jadi mereka lebih tau apa yang dibutuhkan. Mereka juga mengetahui tempat dan ruang untuk diakses oleh teman Disabilitas saat evakuasi. 

3.Melakukan kolaborasi dengan organisasi kemasyarakatan
Kolaborasi memiliki peran yang sangat penting dalam membangun ketahanan terhadap teman Disabilitas sebelum, selama, dan setelah terjadinya bencana. Bentuk kolaborasi ini dapat berupa penyediaan perangkat kesiapsiagaan darurat yang berpusat pada kebutuhan individual. Penyebaran konsep inklusifitas ini dapat dicontohkan oleh tokoh-tokoh masyarakat atau pemimpin keagamaan.(KEI/MG)


Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1422704/3-pengetahuan-manajemen-bencana-bagi-difabel-dan-pendampingnya

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S):disabilitas,pendampingan disabilitas,pendampingan disabilitas dalam bencana,pendamping khusus teman disabilitas,pendamping disabilitas dalam bencana,manajemen pendampingan kelompok rentan,manajemen penanganan bencana,teman disabilitas,penyandang disabilitas,kamibijak,kami bijak