KabarBijak

Tiga Bulan Tutup, Pendakian Gunung Lawu Akhirnya Dibuka Kembali

Gunung Lawu kembali dibuka setelah tiga bulan ditutup akibat Covid-19. Pendaki maupun wisatawan

435   views

Kamibijak.com, Infosiana – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah membuka kembali pendakian Gunung Lawu jalur Cemara Kandang. Pembukaan jalur pendakian ini menandakan bahwa pencinta alam traveling bisa menikmati wisata di puncak gunung. Jalur ini adalah jalur menuju Gunung Lawu, di mana gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.265 mdpl.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawato, mengatakan selama pandemi Covid-19, jalur utama menuju Gunung Lawu ditutup selama 3 bulan. Kemudian, pada tanggal 22 Juni, jalur Gunung Lawu sudah mulai dibuka kembali.

"Wisatawan bisa kembali menikmati Gunung Lawu via Cemoro Kandang. Jalur pendakian dari Candi Cetho juga mulai dibuka," jelas Titis.

Meski sudah dibuka, Gunung Lawu hanya boleh dinikmati oleh orang yang berada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami belum memperbolehkan warga di luar Jawa Tengah dan DIY berkunjung ke puncak Gunung Lawu,” jelas Titis.

Titis menyebutkan, Jalur Cetho sudah dibuka terlebih dahulu. Kemudian, setelah mendapatkan izin dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Prambanan Jawa Tengah, baru Jalur Cemara Kandang dibuka. Setelah itu, Jalur Cemara Sewu juga dibuka.

Titis menegaskan, bagi pendaki atau wisatawan yang berkunjung ke Gunung Lawu diharapkan selalu mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan serta menerapkan jarak sosial atau physical distancing.

"Jumlah pengunjung juga kami batasi 50 persen. Pendaki harus menyiapkan perlengkapan standar new normal seperti membawa sabun, menggunakan masker, hingga melakukan physical distancing," terang Titis.

Jumlah pengunjung saat ini hanya 30 persen dari jumlah kuota atau sebanyaknya hanya 420 orang yang mendaki di Jalur Cetho.

"Saat hari normal rata-rata ada 1.300 orang naik ke Gunung Lawu. Sebelum naik, pendaki diminta mencatatkan identitas diri di posko penjagaan," tutup Titis.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/wisata-pendakian-gunung-lawu-dibuka-kembali-khusus-bagi-pengunjung-asal-jawa-tengah-dan-diy

-----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.