BijakFun

Terlalu Lama Berjemur dapat Merusak Otak, Benarkah?

Tahukah kamu, ada penelitian yang menunjukan bahwa terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa penutup kepala dapat merusak otak.

773   views

Kamibijak.com, Hiburan – Sinar matahari mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat sinar matahari adalah membantu produksi vitamin D saat berjemur di pagi hari dan dapat meningkatkan suasana hati.

Menurut Laman Heathline, sinar matahari juga bisa memperkuat tulang. Selain itu, matahari juga bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit. Walaupun memiliki banyak manfaat, tapi apakah berjemur juga bisa merusak otak?

Laman Mirror memaparkan, berdasarkan penelitian yang diuji oleh Universitas Copenhagen, terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan pelindung kepala dapat merusak fungsi otak.

Menurut penjelasan Profesor Lars Nybo, koordinator penelitian dari Dapartemen Nutrisi, Latihan, dan Olahraga di Universitas Copenhagen menjelaskan, "Lewat penelitian ini kami membuktikan bahwa paparan sinar matahari di kepala, bisa merusak kinerja motorik dan kognitif".

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Copenhagen, dikatakan bahwa matahari bisa menambahkan fungsi kognitif dan kemampuan otak untuk memproses pemikiran. Namun, hal tersebut tidak sama dengan apa yang diteliti oleh Profesir Nybo.

Penelitan Nybo menemukan bahwa kinerja motorik dan kognitif mengalami penurunan drastis. Profesor Nybo bersama tim melakukan percobaan tes motorik serta kognitif terhadap delapan pria sehat dan aktif, di mana mereka memiliki umur dengan kisaran 27 sampai 41 tahun.

Proses dilakukan dengan cara memposisikan beberapa lampu yang menghadap ke bagian tubuh ke delapan orang tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan pria tersebut mendapatkan hasil tes yang buruk ketika lampu diposisikan di bagian belakang badan, samping, dan atas kepala.

Ini dikarenakan tekanan panas yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan segala aktivitas. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan pelindung kepala jika berjemur di bawah sinar matahari.

Menurut laman Mirror UK, Dr. Flourris menjelaskan bahwa selain dapat mengganggu fungsi otak, juga dapat mempengaruhi kinerja dan kesehatan seseorang terhadap mereka yang bekerja di luar ruangan.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/terlalu-lama-di-bawah-sinar-matahari-merusak-otak
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): dampak terlalu lama berjemur,dampak berjemur,terlalu lama berjemur,akibat terlalu lama berjemur,berjemur merusak otak,benarkah terlalu banyak berjemur merusak otak,dampak berjemur terlalu lama,kamibijak,kami bijak