KabarBijak

Teman Disabilitas Harapkan Pemberitaan yang Lebih Netral Soal Isu Disabilitas

Menurut salah seorang teman disabilitas, media kurang netral saat mengangkat pemberitaan dengan isu disabilitas.

672   views

Kamibijak.com, Infosiana – Kita semua tahu bahwa media memiliki peran yang besar dalam membentuk persepsi masyarakat mengenai suatu hal. Hal ini juga berlaku dalam membentuk persepsi masyarakat tentang teman Disabilitas.

Sayangnya, menurut Dani Aditya, seorang komedian Disabilitas, media dalam pemberitaannya masih sering tidak netral saat memberitakan isu Disabilitas. Baginya, media masih menunjukkan bahwa Disabilitas itu tidak bisa apa-apa dan pantas dikasihani. Padahal, tentu saja tidak semua Disabilitas ingin menjadi objek sumbangan.

“Bagi saya, penggambaran penyandang Disabilitas itu sangat berperan penting. Contohnya, kalau di media itu biasanya digambarkan kalau penyandang Disabilitas itu selalu teraniaya, selalu terlunta-lunta,” ujar Dani dalam webinar Konekin pada Senin (28/12) lalu, dikutip dari liputan6.com.

Dani juga memaparkan bahwa seharusnya media di Indonesia bisa lebih netral dalam mengangkat isu Disabilitas, mencontoh banyak media di luar negeri. 
Menurutnya, tidak baik apabila media terus-menerus memberitakan isu Disabilitas dengan framing seperti ini. Penyandang Disabilitas juga manusia biasa yang memiliki emosi, sehingga tidak perlu terus dikasihani.

Bagi Dani, lebih baik menghargai Disabiltas sesuai dengan pekerjaannya. Misalnya, apabila bekerja sebagai pelawak seperti dirinya, ya tertawa sajalah apabila lawakannya lucu. Dan kalau tidak sesuai ekspektasi, ya kritik saja. Tak ada masalah dengan itu.

Dani berharap, ke depannya media dapat lebih benar dan beragam dalam memberitakan perihal Disabilitas, tidak hanya tentang Disabilitas yang terlunta-lunta dan mengiba. Karena, apabila media terus menggunakan sudut pandang ini, sekuat apapun advokasi yang dilakukan teman Disabilitas di luar media akan percuma karena peran media lebih besar. (JN/MG)

Sumber: https://m.liputan6.com/disabilitas/read/4443376/ini-persepsi-masyarakat-yang-keliru-tentang-penyandang-disabilitas-di-tv?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Hanging 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): disabilitas,difabel,teman disabilitas,penyandang disabilitas,isu disabilitas,pemberitaan disabilitas,berita penyandang disabilitas,berita disabilitas,dani aditya,dani aditya disabilitas,dani aditya pelawak disabilitas,kamibijak,kami bijak