KamiBijak.com, Hiburan. Teater 7 telah sukses mementaskan pertunjukan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 14 September yang lalu dengan tajuk “Papua Kakakku”. Pertunjukan yang memakan waktu berproses selama lebih dari 6 bulan ini diperankan oleh anak-anak sampai remaja, semuanya berumur di bawah 17 tahun. Isro sebagai salah satu pelatih Teater 7 mengaku bahwa proses latihan cukup berat. Berbeda dengan tahun lalu yang proses latihannya cukup mudah, sebab pemerannya adalah teman-teman Tuli dewasa yang tidak kesulitan memahami komunikasi dan gestur.

“Untuk proses latihannya cukup berat karena pola pikir, tujuan, dan cara berkomunikasi tiap orang berbeda-beda. Anak-anak suka bermain, cara melatih kami supaya kondusif adalah dengan lembut atau tegas. Karena jika kita marah-marah, anak akan menangis. Di situ juga salah satu tantangannya,“ ujar Isro.

Ketika ditanya, Marta yang juga merupakan salah satu pelatih Teater 7 mengatakan bahwa ia masih ingin melatih di Teater 7 tahun depan. Ia masih ingin membantu anak-anak Tuli dan orangtua yang memiliki anak Tuli untuk berkembang dan mandiri. Ia merasa, perlu adanya motivasi dan advokasi yang diberikan, khususnya di bidang pendidikan.

Staf Presiden ikut menyaksikan pementasan Teater 7

Salah seorang staf Presiden Kedeputian IV juga hadir dalam acara kemarin, Burhanudin Saputro namanya. Pertunjukkan yang menceritakan tentang Papua ini dirasa mempunyai pesan kebangsaan yang baik.

“Saya kira, pesannya bisa dikembangkan lagi dalam rangka penyelesaian konflik dengan Papua. Melalui teater ini, bisa dikembangkan lagi pesan tentang bagaimana menghentikan konflik persaudaraan di Papua untuk persatuan nusantara,” tandasnya.

Ia juga menginformasikan bahwa ada sebuah lembaga bernama Badan Pengembangan Talenta sebagai wadah berekspresi bagi teman-teman Disabilitas. Tidak hanya itu, ada juga Kementerian Kebudayaan yang masih berhubungan. Kedua lembaga ini menyediakan anggaran bagi teman-teman Disabilitas yang ingin mengembangkan talentanya.

 


 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

 

Follow kami juga di sini:

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.