KabarBijak

Tarif Tes Swab Swasta Tembus Rp 2 Juta, Pemerintah Segera Turun Tangan

Pemerintah akan memastikan harga tes swab tidak terlalu tinggi terutama harga tes swab di fasilitas kesehatan milik swasta.

436   views

Kamibijak.com, Infosiana –  Pemerintah segera mengatur biaya untuk tes swab mandiri sehingga masyarakat tidak terbebani dengan biaya yang terlalu tinggi. Untuk tes swab, masyarakat terlebih dahulu harus mengeluarkan uang hingga Rp 2 juta. 

Sementara itu, pasien yang melakukan tes swab di fasilitas kesehatan rujukan pemerintah tidak dikenakan biaya. Wiku Adisasmito, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa masyarakat yang telah melakukan tes secara mandiri di fasilitas kesehatan swasta akan segera dilakukan pengaturan terhadap harga.

"Ini agar tidak terlalu tinggi sehingga menyebabkan keberatan dari anggota masyarakat untuk melakukan tes swab tersebut," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/8).

Kemudian, tes swab juga gratis apabila terkait dengan pelacakan kontak penularan virus COVID-19. Pemerintah akan menanggung biaya dari tes swab tersebut.

"Jadi tes swab pada prinsipnya apabila untuk pasien dan dilakukan di fasilitas kesehatan rujukan pemerintah maka tes swab tersebut adalah gratis, demikian juga dalam konteks contact tracing apabila dilakukan testing terhadap swab-nya adalah menjadi tanggung jawab pemerintah," ujar Wiku.

Ia memastikan dalam waktu tidak lama ini akan mengatur batasan harga tes swab di fasilitas kesehatan milik swasta agar tidak terlampau tinggi.

"Untuk masyarakat yang tes mandiri di fasilitas swasta, kami akan segera melakukan pengaturan harga agar tidak terlalu tinggi sehingga membebankan," ucap Wiku.

Wiku menegaskan bahwa pada prinsip terhadap pasien yang telah melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan milik pemerintah tidak akan dibebani sepeserpun biaya, baik dalam rapid test maupun swab test. Wiku juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini sedang melakukan kajian tentang hal tersebut dan hasilnya segera disampaikan ke publik.

"Kami perlu sampaikan Satgas COVID-19 sedang melakukan kajian terhadap opsi-opsi yang terbaik untuk pelaku perjalanan dalam rangka untuk menghindari penularan dari satu daerah ke daerah lainnya, dan tentunya apabila sudah terjadi dan selesai kajiannya akan kita sampaikan kepada masyarakat luas," tutup Wiku. (LEAS/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pemerintah-pastikan-harga-tes-swab-tak-lagi-mahal 

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.