BijakFun

Takuma Aoki, Pembalap Difabel Pertama di Kejuaraan Balap Mobil Listrik

Pembalap Asal Jepang Menjadi Pembalap Difabel Pertama yang Berlaga di Kejuaraan Balap Mobil Listrik 2020

387   views

Kamibijak.com, Hiburan. – Mantan pembalap sepeda motor World Superbike dan Grand Prix, Takuma Aoki secara resmi mengikuti gelaran Jaguar I-PACE eTrophy dan bergabung dengan Team Yokohama Challenge. Jaguar I PACE eTrophy adalah seri balap internasional menggunakan mobil nol emisi bertenaga listrik.

Pembalap asal negeri sakura yang merupakan pengguna kursi roda ini siap mengukir sejarah. Ia jadi pembalap difabel pertama di kejuaraan balap mobil listrik internasional ini pada putaran ke-3 di Mexico City. Balapan berlangsung 15 Februari 2020, event ini jadi pembuktian bagi Aoki.

Takuma Aoki sendiri mengalami lumpuh dari pinggang ke bawah setelah mengalami kecelakaan di tahun 1998. Kecelakaan yang menimpanya terjadi setahun setelah dia berhasil menyelesaikan 5 putaran di kejuaraan motor balap kelas 500GP menggunakan motor Honda.

Meskipun hidup dengan kelumpuhan, dia tetap berjuang. Pulih usai kecelakaan, Aoki tetap ikut dalam banyak kejuaraan motorsport dan sukses bersaing di Dakar Rally tahun 2009, dan Asia Cross Country Rally di tahun 2016 dengan menggunakan mobil yang telah dimodifikasi secara khusus.

Balapan terakhir sebelum bergabung dalam kejuaraan balap mobil listrik adalah Michelin Le Mans Cup 2019 kategori LMP3 dan La Filiere Frederic Sausset SRT41 di kompetisi Road to Le Mans 2019. Kompetisi ini merupakan bagian dari supporting event untuk kejuaraan Le Mans 24 Jam tahun 2019.

Di kejuaraan mobil listrik pertamanya, dia akan mengendarai Jaguar I-PACE eTROPHY yang telah dimodifikasi khusus supaya mudah digunakan. Sebuah Guido Simplex America Lever aktuator telah dipasang di kolom kemudi menggunakan braket khusus yang telah dimodifikasi bentuknya dan dibuat oleh Jaguar Land Rover SVO, M-Sport dan tim teknik balap dari Takuma.

Modifikasi juga dilakukan pada posisi pedal box guna meningkatkan efisiensi dari aktuasi rem dan aktuasi ‘pull type’. Modifikasi ini dibuat khusus dari throttle untuk memanfaatkan kontrol elektronik eTROPHY. Modifikasi ini bertujuan supaya Aoki lebih mudah menggeber mobil balap Jaguar I-PACE eTROPHY saat berlaga.

Soal modifikasi mobil supaya bisa digunakan oleh Aoki yang kini berkemampuan khusus, Adam Jones selaku Jaguar I-Pace eTrophy Vehicle Engineering Manager, mengatakan bahwa ini akan punya tantangan tersendiri bagi Aoki.
 
"Semua kontrol menggunakan tangan adalah tantangan yang menarik bagi SVO. Bekerja bersama tim balap Takuma dan M-Sport, kami telah mengirimkan sebuah paket yang memungkinkan Takuma untuk bertransisi secara kompetitif pada seri balap eTrophy. Ini merupakan kolaborasi luar biasa dan menunjukkan Teknik yang progresif dan inovatif di balik Jaguar I-PACE eTrophy," ungkap Adam.

Takuma Aoki merasa senang karena bisa bergabung dengan Jaguar I-PACE eTROPHY Team Yokohama Challenge sebagai pengalaman pertamanya untuk berlaga di kejuaraan balap mobil listrik. Dia merasa bangga dengan tantangan baru yang akan dijalaninya sehingga dia mampu membuktikan bahwa hidup dengan kondisi lumpuh tidak berakhir dan bisa terus menginspirasi dengan berbagai prestasi dan tekad untuk terus berjuang.

"Saya ingin berterima kasih kepada tim teknik Jaguar Racing, GuidoSimplex dan M-Sport atas kerja keras mereka memodifikasi mobil, saya tidak sabar untuk berkompetisi di Mexico City bersama beberapa pembalap yang telah berpengalaman," ujarnya.

Kehadiran Takuma Aoki disambut baik oleh Manajer Jaguar I-PACE eTROPHY, Mark Turner. "Sepanjang karirnya ia telah menunjukkan ketahanan dan menunjukkan kinerja balap yang kompetitif, yang tidak perlu diragukan lagi dan akan terus berlanjut pada balap mobil listrik," terang Turner.

Sumber:
https://www.mobilinanews.com/artikel/28188/Takuma-Aoki-Penyandang-Disabilitas-Pertama-di-Balap-Mobil-Listrik/
----
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.


Link Gambar
Gambar 1:
https://www.mobilinanews.com/artikel/28188/Takuma-Aoki-Penyandang-Disabilitas-Pertama-di-Balap-Mobil-Listrik/
Sumber: mobilinanews.com
Gambar 2:
https://doripos.com/takuma-riders-again-project-sukses-menuai-banyak-pujian
Sumber: Doripos.com
Gambar 3:
https://fr.wikipedia.org/wiki/Takuma_Aoki
Sumber: Wikipedia

===============
Tag: takuma aoki,takuma aoki rally,toyota team indonesia,yokohama challenge,pebalap difabel,difabel berprestasi,difabel inspiratif,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia,pebalab disabilitas