BijakFun

Tak Ingin Larut dalam Keterbatasan, Ini Kisah Inspiratif Uwes Kurni

Tak mau larut dalam keterbatasannya, Uwes Kurni menjalani usaha olahan sale dan kripik bersama temannya. Berikut kisah inspiratifnya!

1851   views

Kamibijak.com, Hiburan – Uwes Kurni, seorang pria berusia 38 tahun yang kehilangan kedua kakinya, tak mau larut dalam keterbatasan. Bertekad jadi pengusaha sukses, pria asal Kabupaten Bandung Barat ini menjalani usaha olahan sale dan kripik. 

Hawu dalam Bahasa Sunda atau yang biasa dikenal dengan tungku menjadi alat yang digunakan oleh Uwes Kurni dalam mencari keuntungan. Ia membuat sale bersama dengan kedua temannya, Lik dan Tajudin, yang juga disabilitas. 

Di bagian luar, terdapat nampan yang terbuat dari bambu. Nampan tersebut diisikan sale pisang yang akan dijemur. Hampir sebulan Uwes Kurni dan temannya menekuni usaha tersebut. 

Awal usaha yang dirintis oleh Uwes ini adalah ketika ada seorang dermawan yang baik hati menawarkannya bantuan untuk modal usaha.

"Setelah bertemu, dia tanya mau usaha apa, saya bilang mau bikin sale. Alhamdulillah sekarang sedang proses produksi sale dan kripik, makanan olahan pisang," ungkap Uwes.

Di tengah keterbatasannya, Uwes dan kedua temannya meyakini usaha ini adalah sebuah jalan untuk bertahan hidup. 

Mereka menjalani usaha tersebut dengan kompak. Dimulai dari pemilihan bahan, mengupas kulit, membelah pisang, menjemur hingga menggoreng dilakukannya secara bersama.

Usaha tak mengkhianati hasil. Walaupun baru seumur jagung, tetapi permintaan sale pisang cukup menjanjikan. Selain dititipkan di warung sekitar rumahnya, cemilan ini sudah dipasarkan ke luar daerah seperti Banjaran, Sukabumi, dan Bekasi.(KEI/MG) 

Sekadar diketahui, Uwes kehilangan kedua kakinya karena kecelakaan kerja yang Ia alami saat berusia 24 tahun. Saat itu, Uwes bekerja sebagai tukang bangunan di Jakarta. 

Sumber: https://jabar.suara.com/read/2021/09/18/141049/kisah-difabel-asal-bandung-barat-yang-penuh-inspiratif

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.