KabarBijak

Sulit Akses Pinjaman Bank, Banyak Disabilitas Terjerat Pinjol Ilegal

Banyak para penyandang disabilitas yang terjerat dengan pinjaman online.

720   views

KamiBijak.com, Infosiana – Baru-baru ini, kabar mengejutkan datang. Diketahui Presiden Joko Widodo digugat oleh 19 warga ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Jumat (12/11/2021). Kabarnya isi dari gugatan tersebut karena maraknya kasus pinjaman online.

Murhayati, adalah salah satu penggugat dan merupakan seorang Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI). Ia ikut melayangkan gugatan karena banyaknya penyandang disabilitas yang ikut terseret jadi korban pinjol ilegal. LBH Jakarta telah menerima 7.200 aduan masyarakat yang terlibat masalah dengan pinjaman online. Bahkan dalam waktu 3 tahun, sudah ada 6 hingga 7 orang bunuh diri karena kasus pinjol ini

Ia menjelaskan bahwa banyaknya kelompok mereka yang terjerat pinjol ini. Murhayati kembali menambahkan, bahwa selama ini para penyandang disabilitas sulit mendapatkan pinjaman uang di bank karena banyak dari nasabah yang melakukan pinjam di bank itu bekerja di sektor informal. Dan mereka pun akhirnya tergiur dengan iklan di aplikasi pinjam online dan memanfaatkan kemudahan aplikasi tersebut. 

Siapa sangka, yang awalnya meminjam di aplikasi pinjol untuk mengurangi beban, tetapi justru menambah beban. Bunga yang diberikan cukup besar sehingga membuat tagihan pinjol itu menjadi membengkak. Tidak sedikit juga dari mereka yang mengalami kebangkrutan di usaha yang dijalani karena terjerat kejamnya pinjol.

Kejaran demi kejaran mereka dapatkan, para debt collector bahkan mereka juga  meneror orang-orang terdekat si nasabah dan juga tidak segan-segan juga para debt collector meneror dengan kata-kata kotor. “Nomor saya juga dijadikan penjamin. Saya diteror dengan kata-kata kotor," kata Muharyanti. 

Bukan hanya Presiden Joko Widodo saja yang mendapatkan gugatan tersebut, warga juga menggugat sederet pejabat yakni, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, serta Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate. Tidak sampai disitu, warga juga menunjukkan gugatan tersebut kepada Ketua dan Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (GLOR/MG)

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/15/14272011/banyak-penyandang-disabilitas-terjerat-pinjol-warga-gugat-jokowi         

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat