BijakFun

Sugeng, Disabilitas yang Beralih Usaha Jadi Perakit Alat Roasting Kopi Karena Dampak PPKM

Sugeng, disabilitas asal Kendal yang harus beralih usaha karena tidak mau berpangku tangan.

169   views

KamiBijak.com, Hiburan – Sugeng (44) disabilitas asal Dusun Mijen Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini harus beralih usaha karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dulunya usaha dalam pembuatan gitar, sewa sound system hingga merakit kendaraan roda tiga khusus disabilitas juga turut sepi. Kini Sugeng beralih usaha untuk merakit alat roasting kopi.

“Sekarang saya membuat alat roasting kopi, karena sudah lama tidak ada pesanan membuat kendaraan roda dua menjadi tiga,” kata Sugeng saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Sabtu (14/08/2021).

Kegemarannya dalam menikmati kopi dan juga memiliki kebun kopi yang berada di halaman belakang rumahnya, mengantarkan Sugeng untuk memulai usaha membuat alat roasting kopi. “Daripada nganggur, saya mencoba otak-atik barang-barang bekas yang ada, untuk dijadikan alat roasting,” ujar Sugeng.

Sebelum membuat mesin roasting kopi elektrik, Sugeng sempat membuat mesin kopi manual dengan kapasitas setengah kilogram kopi dan tabutnya berasal dari cangkir yang berbahan seng. Tetapi karena cukup melelahkan saat memutarnya akhirnya ide Sugeng untuk memperbaharui mesin kopinya berkembang. 

Sugeng menggunakan YouTube untuk mencoba belajar bagaimana cara membuat alat roasting kopi listrik, tetapi kadang sering tidak sesuai dengan kenyataan. Tetapi ia tidak menyerah, ia tetap berusaha untuk mengulik sendiri hingga akhirnya jadi. 

Bahan yang digunakan untuk membuat alat roasting kopi tersebut yakni tabung gas yang ujungnya dipotong dan sudah dibersihkan. Bagian dalam tabung itu diberi beberapa penyekat dari plat supaya biji kopi green bean yang dimasak bisa rata matangnya. Tabung lalu diberi penutup yang tengahnya dilubangi dan diberi pipa. Fungsinya, untuk memasukkan green bean dan mengeluarkan kopi jika telah masak.

Setelah mesin kopi tersebut sudah jadi, Sugeng membuatkan tempat duduknya. Di bawah dudukan itu, ketinggiannya disesuaikan dengan kompor gas, untuk membakar tabung yang berisi kopi. (GLOR/MG) 

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/08/14/135343578/kisah-sugeng-difabel-asal-kendal-bangkit-merakit-alat-roasting-kopi-saat?page=all#page2 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=================================
Tag: sugeng,sugeng kendal,sugeng disabilitas kendal,perakit alat roasting,disabilitas perakit alat roasting kopi,alat roasting kopi,
disabilitas inspiratif,kisah inspiratif,disabilitas sukses,kamibijak,kamibijak.com,media ramah disabilitas