BijakFun

Style Kebaya di Negeri Merah Putih Indonesia

Berbagai macam style baju Kebaya di Indonesia. Berikut beberapa referensi baju kebaya yang bisa kalian coba.

920   views

Kamibijak.com, Hiburan - Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional di Indonesia. Wanita manapun yang menggunakan kebaya pasti akan terlihat cantik, anggun, klasik, dan menawan.

Kebaya sendiri muncul di tahun 1990-an, jika dahulu masih sering digunakan oleh keluarga kerajaan sekarang eranya telah berubah. Kebaya bisa dipakai dengan adanya acara-acara formal, seperti acara lamaran, pesta pernikahan, maupun acara-acara penting lainnya.

Seiring berjalannya waktu model kebaya telah berkembang dan mengikuti tren yang ada. Bisa tampilan kebaya yang tradisional serta di modifikasi dengan gaya terkini. Kami tim KamiBijak telah merangkum dari sekian banyaknya kebaya di Indonesia, sebagai berikut; 

Kebaya Jawa, kebaya yang memiliki kesan sederhana dan simpel yang memiliki potongan V-Neck . Kebaya tersebut biasanya terbuat dari kain transparan yang bermotif dan dikolaborasi dengan pakaian dalam.

Kebaya Encim, kebaya yang merupakan perpaduan antara baju Shanghai khas Tiongkok dan kebaya khas Melayu. Kebaya tersebut pada umumnya terbuat dari bahan katun maupun organdi.

Dan yang membedakan spesifik antara Kebaya Encim dengan kebaya lainnya, yaitu terletak dari kerah V dengan bordiran sepanjang kerah sampai bawah.

Kebaya Kartini, kebaya yang dulunya dipakai oleh wanita ningrat saat era RA Kartini. Umumnya, kebaya Jawa identik dengan sebutan kebaya Kartini.

Tetapi potongan kebaya Kartini ini mirip dengan kebaya Encim. Perbedaannya bisa dilihat dari lipatan bagian dada. Dan ciri-ciri lainnya ialah panjang kebaya Kartini ini panjang kebayanya yang menutup panggul dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertikal. Hal tersebut yang membuat kesan yang memakainya menjadi tinggi dan ramping.

Lalu ada Kebaya Bali, kebaya yang dijadikan sebagai pakaian wajib untuk melakukan persembahyangan ke pura oleh perempuan Bali. Yang memiliki detail pada tambahan obi yang melilit di bagian pinggang, dan bahan dari kebaya Bali ini terbuat dari kain katun dan brokat.

Dan yang terakhir ada Kebaya Kutu Baru, kebaya yang bentuknya sama dengan kebaya lainnya, Tetapi, nama Kutu Baru ini menjadi tren setelah Ibu Iriana Joko Widodo kerap mengenakannya di acara kenegaraan.

Dengan tambahan kain untuk menghubungkan sisi kiri dan kanan kebaya di bagian dada dan perut menjadi khas kebaya Kutu Baru ini. Dalam pemakaian jenis kebaya ini, biasanya stagen atau korset ditambahkan agar yang memakainya menjadi terlihat lebih langsing dari sebelumnya.

Itulah beberapa jenis dan style dari kebaya-kebaya yang ada di negeri Merah Putih. Lalu, sudah punya berapa pasang kebaya di lemarimu, teman-teman KamiBijak? (FEB/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/gegayaan-kebaya-di-negeri-aing
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 
 
Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
 
==============
TAG(S): kebaya,style kebaya,merah putih,indonesia,fashion,kebaya modern,kebaya fashion show,kebaya modern 2021,kebaya jawa,kebaya kartini,kebaya bali,kebaya kutu buru,kebaya encim,kebaya kartini brokat,kebaya kartini bali,kamibijak,kami bijak